Cirebon
+62231246402
bkdiklat@cirebonkota.go.id

Perhitungan Integrasi Nilai SKD – SKB untuk Kelulusan CPNS 2018

Netral, Adil, Profesional, Amanah dan Sejahtera

Perhitungan Integrasi Nilai SKD – SKB untuk Kelulusan CPNS 2018

Tahapan penerimaan CPNS 2018 Pemerintah Daerah Kota Cirebon saat ini sedang menunggu pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB. Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Cirebon sudah mengumumkan hasil SKD dan nama-nama yang lolos untuk mengikuti SKB (05/11/2018) kemarin, baik mereka yang lolos ke SKB lewat pemenuhan nilai ambang batas (passsing grade) maupun yang ikut SKB lewat penjenjangan (ranking). Pemerintah Daerah Kota Cirebon akan memakai metode Computer Assisted Test (CAT)

 

Materi Soal SKB

Materi soal SKB CAT akan menyesuaikan bidang masing-masing jabatan dan jurusan, misalnya SKB guru tentu soalnya tidak jauh-jauh dengan bahasan Jabatan Fungsional, ilmu pendidikan, teknik mengajar, profesionalisme pendidik dll.

 

Peserta SKB

Untuk jumlah peserta SKB menurut permenpan 36 adalah maksimal 3 (tiga) orang yang dinyatakan lolos PG maupun perangkingan di tiap formasi jabatan. Namun hal ini pada akhirnya tergantung pada kelulusan SKD, bisa saja hanya ada satu peserta atau dua yang dapat mengikuti SKB. Dari pengumuman hasil SKD masing-masing jabatan dan lokasi penempatan, peserta akan dapat mengetahui berapa orang peserta dan siapa saja saingan di formasi yang dipilih.

Dalam Permenpan-RB 36/2018 disebutkan Bobot nilai Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang masing-masing adalah 40% dan 60%;

Ada beberapa kemungkinan cara perhitungan nilai kelulusan formasi CPNS atau setelah integrasi nilai SKD dan SKB.

Misal:

Pemerintah Daerah Kota Cirebon membuka lowongan 4 formasi masing-masing 1 guru kelas SD di SDN Cengkir, SDN Arumanis, SDN Lali Jiwo dan SDN Gedong Gincu. SDN Gedong Gincu tidak ada yang lolos PG maupun perangkingan maka tidak ada peserta SKB.

3 orang peserta SKB dengan status P2/L berebut 1 jatah formasi guru kelas SD di SDN Cengkir. Setelah SKD dan SKB didapatkan hasil nilai sebagai berikut:

Adul nilai SKD 300 dan SKB 350
Bedu nilai SKD 295 dan SKB 400
Cita nilai SKD 280 dan SKB 375

Perhitungan nilai SKD  
Nilai maksimal SKD 500, skala nilai maksimal 100,000

Adul 300/500 = 0,60 x 100 = 60,000
Bedu 295/500 = 0,59 x 100 = 59,000
Cita 280/500 = 0,56 x 100 = 56,000

Perhitungan Nilai SKB 
Nilai maksimal SKB 500, skala nilai maksimal 100,000

Adul 350/500 = 0,70 x 100 = 70,000
Bedu 400/500 = 0,80 x 100 = 80,000
Cita 375/500 = 0,75 x 100 = 75,000

Perhitungan Nilai Integrasi SKD dan SKB 

Seperti disebutkan nilai SKD memiliki bobot 40% sedangkan SKB berbobot 60% untuk penentuan nilai akhir. Maka perhitungan nilai akhir sebagai berikut;

Adul
40% dari nilai SKD adalah 40/100×60,000 = 24,000
60% dari nilai SKB adalah 60/100×70,000= 42,000

Bedu
40% dari nilai SKD adalah 40/100×59,000 = 23,600
60% dari Nilai SKB adalah 60/100×80,000= 48,000

Cita nilai
40% dari nilai SKD adalah 40/100×56,000 = 22,400 
60% dari Nilai SKB adalah 60/100×75,000= 45,000

Nilai Akhir Integrasi SKD + SKB masing-masing

Bedu 23,600 + 48,000 = 71,600

Cita 22,400 + 45,000 = 67,400

Adul 24,000 + 42,000 = 66,000

Dari hasil penjenjangan Integrasi nilai SKD dan SKB di atas maka Bedu yang berhak lulus menjadi CPNS di formasi SDN Cengkir tersebut.

 

Kasus di atas merupakan contoh apabila tidak ada peserta yang memiliki sertifikat pendidik, jika salah satu guru memiliki sertifikat pendidik yang dinyatakan sudah valid dan linier maka nilai SKB nya adalah 100,000
Contoh misalnya Cita memiliki serdik maka perhitungan nilai akhir Cita adalah

Nilai SKD 22,400
Nilai SKB menjadi 100,000 maka 60/100 x 100,000 = 60,000
Nilai akhir SKD+SKB 22,400 + 60,000 = 82,400
Dengan nilai tersebut maka Cita yang lulus CPNS di formasi tersebut.

2 (Dua) guru yang lain masih ada harapan ditempatkan di sekolah SD lain yakni di SDN Gedong Gincu yang tidak ada peserta SKB, baik karena tidak ada pelamar ataupun tidak ada yang lulus PG (P1/L) atau perangkingan (P2/L). (buka Permenpan-RB 61/2018 pasal 7e atau 7f)

Namun penempatan ke sekolah tersebut masih menunggu hasil integrasi SKD+SKB dari peserta SKB di unit kerja lain, di formasi guru SDN Arumanis dan SDN Lali Jiwo. Yang memiliki Nilai akhir tertinggi integrasi SKD+SKB seluruh peserta lah yang berhak mengisi kekosongan di SDN Gedong Gincu.

*SE Menpan-RB B/581/S.SM.01.00/2018

 

(dasn-7)

Comments: 393

  1. Elvi berkata:

    As, min saya mau bertanya, apakah penambahan nilai 10 untuk putri daerah berlaku, untuk mengisi formasi kosong, sebab nilai akhir saya 53.560 itu sudah di tambah 10 poin untuk putri daerah,sedangkan lawan saya 48.390 tapi bukan putri daerah tapi lawan saya lulus mengisi formasi kosong sedangkan saya tidak lulud, mohon di jawab min

  2. Umi kalsum berkata:

    Min…tolong jawab ya min..di formasi jabatan yg saya pilih..hanya duA orang yg ikut SKB dan yg di butuhkan di formasi itu juga dua orang…itu bagai mna min….apakah bisa di isi oleh pesertA yg lain yg nilai nya tinggi dr formasi jabatan lain??? Tolong jawab min….

  3. Dian berkata:

    Min pengumuman yg lulus jdi cpns sudah ada blm ya?

  4. wahyu berkata:

    kalau sudah luluss PLPG dan nomor serdik sudah keluar tetapi , serdik belum keluar apa bisa untuk menambah nilai SLB min?mksh

  5. Anta berkata:

    Min saya mau tanya apa bener jika nilai skd+SKB di bawah 50% itu akan di rengking kembali dengan formasi yg lain.

  6. Sandhy berkata:

    Admin yg baik hati sy mau tax…ni masalah srrtifikat..apakah sma nilainya sertifikat pendidik sma sertifikat btcls yg dipakai formasi perawat terampil…apakah yg punya sertifikat btcls nilai nya jadi 100 jg???soalnya pas ujian skb n tkb nilai smua sdh keluar…tp yg punya sertifikat nilainya tdk 100..jd sy binggung apa kah sma aturanya mengenai yg punya sertifikat…tolong dijawab admin..makasih

  7. Muhammad sardi berkata:

    Min,mau Tanya. Di formasi saya kan yg bisa daftar teknik sipil dan arsitektur,formasi jabatan penguji laboratorium tanah,aspal dan beton Dinas pekerjaan umum, apakah pada saat penilaian SKB untuk pendidikan teknik sipil dapat point plus, karna kan jurusan pendidikan teknik sipil, pendidikannya linier Daripada arsitektur, tks

  8. Anto berkata:

    Min mau tnyk kl di sd a peserta 1 orang ikut ujian skb , tapi nilai skb rendah apa dia lulus , dan di sd b banyak nilai tinggi rengking 2 bisa di alihkan ke sd a ?

  9. Ganjar berkata:

    Ngowoh min yg lulus skd

  10. Tomy berkata:

    Ass.min di formasi sya kseluruhan yg dtrima 8 org.. 1 formasi dtrima cma 1 org.. Sya brsaing dgn 3 org p2/l.alhmdulillah sya rngking 1.
    Prtnyaanya tmn sya brsaing jga sma sprti sya tpi dia klh brsaing.mslhnya nilainya lbih tinggi dri aku..
    Tnggpan admin bgimna..tlong pnjlsnnya.. 🙏

  11. hendro berkata:

    min sy mau nanyak.
    pada saat melamar pertamakali diSSCN bulan oktober usia masih 34 tahun.dan ikut te dbulan nov SKD dan SKB dbulan desember. dan stelah dhitung dari SKD dan SKB dapat nilai tertinggi dari semua pesaing. namun di bulan november tgl 16 nov 2018 umur sdh masuk 35 tahunleih hitungan hari. otomatis bisa dkatakan lbh hitungan hari 35 tahun.
    yang sy tanyakan. apakah ttp bisa lolos untung pengajuan jadi ASN atau gimana aturan perhitubgan umur?
    atau apakah umur itu dihitung pada saat pertama kalai melamar di SSCN atau dhitung mulai dari pemberkasan.?
    m9hon jawabannya

  12. Tyas berkata:

    Hai min saya mau tanya nich
    Saya ikut test cpns di pemerintah kabupaten jalur umum. Di formasi yg saya ambil yg di terima 5 orang trus setiap puskesmas hanya 1 org yg di terima. Misal di puskesmas A Ada 1 puskesmas formasi na kosong krn tdk ada yg melamar. Di puskesmas B ada 1 puskesmas lg pelamar tdk lulus ke tahap SKB. Puskesmas C ada 1 org peserta. Di puskesmas D ada 1 org peserta. Di puskesmas E ada 3 org peserta yg lulus krn P2/L n memperebutkan 1 formasi. Yg mau saya tanyakan dg admin adalah apa ada harapan peserta 2 org di puskesmas E tersebut untuk mengisi kekosongan formasi di puskesmas A dan di puskesmas B???? Mohon di jawab ya admin. Terima kasih

  13. Marharjono berkata:

    Tanya min, di kab Bantul untuk formasi guru SD di empat SD. yang tidak ada yg lolos sebagai peserta SKB karena nilainya dibawah 255, tapi ada empat SD yang dari peserta jalur cumlaud yg lolos PG / P1 masing masing SD tersebut lolos 2 peserta dari PG/P1 mereka saling merebutkan 1 fornasi, sehingga 4 orang akan mengisi formasi dan 4 orang akan tersisih dalam integrasi SKD+SKB. Dibantul ada formasi kosong 4 formasi guru SD , masing masing 1 formasi untuk 4 Sekolah Dasat untuk jalur umum. Apakah ada prioritas bagi yg sudah lolos PG/P1 untuk menempati formasi kosong tersebut ?

  14. Anonim berkata:

    Min mau nanya. Klo misalnya
    1. Skd = 315. Skb = 160
    2. Skd = 310. Skb = 110
    3. Skd = 294. Skb = 125
    Terus yg ke 2 dan ke 3 trmasuk putra/putri daerah terus yg mna yg bisa lolos min?

  15. haerudin berkata:

    salam…min sy mau tanya dalam kasus sy ambil formasi daerah dengan yg di butuhkan hanya 1 orang, yg ikut P2 ad 3 orang hasil dr perengkingan, kemudian dari hasil perangkingan sy mnduduki peringkat ke-3 dari nilai yg tertinggi sementara di SKB kmarin sy Urutan pertama dr 2 lwan sy yg lain..tapi jika diadakan perhitungan akulatif antara 40 SKD + 60 SKB sy dengan lawan saya beda point hanya 0,4 jika sy totalnx 63,08 tp saingan terdekat sy 63,12……pertanyaanx apakah sy masih berpeluang untuk lulus atau seberapa besar peluang sy..smntara sama2 km asli putra daerah

    • Salva berkata:

      admin mau nanya ne.misalkan dulunya kita sd,smp masih satu kecamatan yang mana kita lamar di sekolah tersebut.kemudian ijasah sma nya beda kecamatan.trus sekarang kecamatan sudah ada pemekaran.apakah masih dikategorikan putra/i daerah?

  16. Anonim berkata:

    Mau nanya ni…
    Nilai A) SKD300 dan SKB 200
    B) SKD 295 dan SKB 205
    Dari keduanya siapa yg berhak lolos?

    • Anonim berkata:

      diitung aja
      SKD 300/500×100=60
      60× 40%=24
      SKB 200/500×100=40
      40×60%=24
      Total 24+24=48
      SKD 295/500×100=59
      59×40%=23,6
      SKB 205/500×100=41
      41×60%=24,6
      Total 22,6 + 24,6=48,2
      jadi yang lolos yang B

    • Anonim berkata:

      maaf itu 23,6 +24,6 ya bukan 22,6

  17. Ariya berkata:

    Min. Untuk peng-integrasi-an nilai skd dan skb bagi guru yg punya serdik, apakah khusus yg dari ppg atau bisa dari plpg? Karena yg dari plpg tidak bisa di cek di laman http://ppg.ristekdikti.go.id/cekserdik/ tapi valid di laman http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ mohon dijawab ya min.

  18. Anonim berkata:

    Admin mau bertanya. Untuk putra daerah itu, apakah beda kecamatan meski dalam satu kabupaten masih di katakan putera daerah? Definisi putra daerah sndri seperti apa?

  19. agustinus berkata:

    mau tanya bang misalnya
    1. AG SKD = 291
    SKB = 200
    2. OK SKD = 261
    SKB = 125
    yang OK dpt point 10 karena putra daerah
    siapakah yang berhak lulus …mohon cara pehitunangganya

    • Anonim berkata:

      gan, klo pun OK tambah 10 point, nilainya tetap tinggi AG

    • satri arif berkata:

      min, yang dimaksud penambahan nilai skb itu setelah dibagi dengan 500 atau sebelum ya?

    • reviana farisa berkata:

      pertanyaan yg sama… krn akan beda hasilnya penambahan poin sebelum dibagi500 atau sesudahnya
      tolong admin jawab

    • Hasan berkata:

      10poinnya itu masuk 125+10 ato gimana gan ngitungnya?

  20. Ijah berkata:

    Bismillah…semoga dijawab.
    Admin yg baik mau tanya ni….untuk hasil akhir nnti perangkingan per kabupaten atau per unit kerja ?
    Terima kasih.

  21. Anonim berkata:

    Asslkum admin
    Mau tanya detil
    Untuk PGSd/ guru sd
    Yg lolos untuk mengikuti ujian SKB 67 orang
    Tapi yg di ambil 105 orang
    Gmana itu min hitunganya
    Apa smua yg 67 orang dia angkat PNS karna bnyak sisa formasi kosong
    Mohon terangkan admin……

  22. Tri Handayani berkata:

    Min mau tanya apakah memang perhitungan integrasi formasi daerah hanya skd40%+skb60% ? Sesuai hitungan yg di tulis di admin? Apakah setiap daerah sama perhitungannya.ex
    A: skd 299/500x100x0.4
    Skb 250/500x100x0,6

  23. Anonim berkata:

    Maaf mimin yg baik hati, Aq lg galau nih, Wlopun nilai integrasi SKD+SKB aq paling tinggi di formasi yg aq lamar, tp aq hwatirnya saingan aq ada yg punya serdik, otomatis aq pasti kalah donk?
    Gimana caranya aq bisa tau saingan aq punya serdik atau tdk yah min?
    Mhon solusinya mimin yg baik hati!

    • Banyakin doa, tunggu pengumuman.

    • M.Lukman Rifai berkata:

      kebimbangan yang sama… berdoa mbak. peserta terbaik pasti ada kebijakannya

    • lambert berkata:

      caranya pertama cari nama rival anda di web padamu negeri kalau sdh ketemu catat no,nuptk sama nik.cek nik di apk cek ktp biar tau tgl lahirnya lalu catat.setelah itu anda masuk ke akun simpkb,klik layanan info gtk lalu login ke validasi data guru terus masukin no.nuptk dan tgl lahir tersebut.nanti akan terlihat guru tersebut sdh punya serdik atau blm.smg membantu

  24. Fifin berkata:

    Min jumlah lokasi formasi yg di butuhkan 2, yg lolos SKB hanya sy sendiri, Nilai saya SKD 269 dan SKB 150, gmn menurut mimin ? Apa sy bisa lolos min ?

  25. Ajir berkata:

    Admin, bagaimana dengan status peserta SKB yang ikut tes pd tgl 18-12-2018, namun sudah terdaftar sbgi peserta sertifikasi pada tangl yang sama

    • wahyu berkata:

      Ikut SKB sudah lulus sertifikasi tapi serdik belum keluar,apa bisa untuk menambah nilai SKB?mohon bs dijawab min terima kasih

  26. Anonim berkata:

    selamat malam admin yang terhormat,,,mau tanya tentang sertifikat pengajar,,,untuk sertifikat guru profesional mapel bahasa indonesia,,termasuk linierkah untuk daftar guru sd…mohon petunjuknya pak admin,trimakasih

    • admin-7 berkata:

      Ya tentu tidak, bagaimana menurutmu? Apakah Guru Mata Pelajaran sama dengan Guru Kelas?

    • fandyntt berkata:

      mlm admin. Bgimana klo ada peserta SKB yg nilainya di bawah 50% porsen. apakh tetap lolos krn penuhi passing grade? mohon penjelasannya. tksh

  27. ricson berkata:

    min.mau nanyak disini pengumuman skd+skb blm ada,tapi ada perberkasan katanya untu penambahan nilai 50 buat putra/putri yg pernah tinggal atau sekolah di daerah formasi yg di lamar.memeng adakah perbedaaan bgi pelamar yg dari luar dengan asli penduduk di formasi yg di lamar tolong admin penjelasannya pengumumannya dari hari minggu sampai slasa

    • admin-7 berkata:

      Putra Daerah adalah putra/putri yang bertempat tinggal (beralamat), dibuktikan dengan alamat pada Kartu Keluarga, atau yang bersangkutan memiliki ijazah SD/SMP/SMA, di wilayah kecamatan/distrik tempat unit kerja berkatagori tertinggal/terpencil/terluar (3T) yg dilamarnya dari formasi umum. Putra Daerah katagori ini yg mendapat point tambahan 10, bukan 50.. Yg kamu maksud tampaknya bukanlah pemberkasan namun verifikasi dan validasi alamat berdasar KK atau Ijazahnya.. oke

    • Anonim berkata:

      Kalo pemkot berarti ga termasuk dong min kan ga terpencil? Heheh

    • admin-7 berkata:

      Ya.. Tidak ada formasi di Kota Cirebon yg termasuk katagori 3T tersebut, tapi.. karena Admin orang baik, maka Admin jawab semua pertanyaan yg ada sebatas pengetahuan Admin.. Dari sekian banyak pertanyaan Admin ngerti banyak pertanyaan berkenaan dengan formasi di luar Kota Cirebon.. semoga jawaban Admin mengena dan dan dapat diterima walau kadang agak2 emosional juga.. Heheh

    • Anonim berkata:

      Respon admin sangat baik lho min kecuali ke pertanyaan yang udah ada jawabannya di pengumuman sih ga dijawab sebenernya gakpapa. Hehehe. Terimakasih atas kinerja yang maksimal min.

    • Elmin Nurkhasanah berkata:

      Naah mau tanya nih, itu penambahan nilainya apakah sebelum diambil 60% nilai skb atau setelah diambil 60% nilai skb? Karena hasilnya akan berbeda. Mohon dijawab ya min

    • Dika berkata:

      Iy ni min pertanyaan yang sama,
      Soalny ni ada kasus Seperti ini nilai SKB
      A =190
      B = 165
      C=150
      Tp C putra daerah yang termasuk daerah 3T, gimana perhitungan penambahan point u/ C min
      Sedangkan di SKD nilai A jg tertinggi dari B dan C, tlg jawab ya min,..😊

  28. yuri berkata:

    admin kalau jabatan nutrision ada nggak pembobotan STR untuk menghitung nilai akhir

    • Zulkifli berkata:

      Malam Minjika nilai
      SKD = 288
      SKB = 175
      Bisah lulus atu tidak..?

    • admin-7 berkata:

      Tergantung hasil akhir sainganmu.. Jika dia lebih tinggi, kamu tersingkir..

    • Zulkifli berkata:

      Sya suda hitung hasil akhir.. sya masuk urutan ke tiga.. tpi masi ada kesempatan masuk di Formasi yg kosong ngga..;?

    • admin-7 berkata:

      Tidak ada ketentuan tentang pembobotan STR, bukankah STR itu kewajiban bagi profesimu? Jika sainganmu tidak punya maka dia sudah tersingkir waktu seleksi administrasi.. oke?

  29. Susanto berkata:

    Min,klo formasi yang dibutuhkan 44,yang P1/L 29 kemudian untuk kekurangan kuota diisi P2/L sebanyak 45 peserta untuk memperebutkan 15 kuota,apakah yang 29 setelah skb dipastikan lulus atau ada persaingan dengan yang P2/L?matur nuhun..

    • admin-7 berkata:

      Rasanya suda berulang dijelaskan.. P1/L bersaing dengan P1/L di formasinya, P2/L dengan P2/L di formasinya juga..

    • Fandyntt. berkata:

      Bagaimana klo yg di PG 1 nilai SKD dan SKB nya setelah diakumulasi totalnya rendah. Sedangkan di PG 2 ada tiga peserta yg total SKD dan SKB nya lebih tinggi.. Apakh salah satu dri PG 2 ini dikorbankan demi peserta PG I yang lebih istimewah meski total nilainya rendah jika dibandingkan dgn yg PG. 2. Mohon penjelasannya. Terima kasih.

    • Susanto berkata:

      Berarti yang p1/l jml 29 bisa di pastikan ke tahap pemberkasan ya..stlh selesai tes skd,skb..matur nuhun…

  30. Dian berkata:

    Bagaimana tentang penambahan 10 poin putra putri daerah min.. Apakah yang harus kelahiran misalny desa sd tersebut apa juga yg termasuk berasal dari desa lain. Kalo beda kecamatn tapi sama ptovinsi… Apa masih masuk putra putri daearh… Kalo kelahiranya bukan dari kabupaten tersebut tapi sejak sd. Smp sma sudah di m3netap di kabupaten tersebut apakah berhak mendapatkan 10 poin itu mohon jawabny min?

    • admin-7 berkata:

      Putra Daerah adalah putra/putri yang bertempat tinggal (beralamat), dibuktikan dengan alamat pada Kartu Keluarga, atau yang bersangkutan memiliki ijazah SD/SMP/SMA, di wilayah kecamatan/distrik tempat unit kerja berkatagori tertinggal/terpencil/terluar (3T) yg dilamarnya dari formasi umum..

    • Azza berkata:

      Kalau pelamarnya 1 kecamatan, tetapi berbeda desa apakah ada ketentuan untuk sesama pelamar ini, misalkan pelamar A di desa 1, pelamar B di desa 2, sedangkan formasi nya berada di desa 2
      Dan untuk wilayah kami tidak ada diinformasikan pengumpulan KK ataupun ijazah saat ingin SKB, tetapi saat pemberkasan administrasi pertama ada, hanya ijazah S1 tidak dr SD, SMP, dan SMA

  31. Miftahudin berkata:

    Min, semisal yg dibutuhkan S1, klw mlampirkan surat keterngn slesai studi S2 pa bisa min, S1 dan S2 linear,

    • admin-7 berkata:

      Menurut Admin, seorang yang berijazah S2 tidak dapat diakui Ijazah S2nya ketika ia menggunakan ijazah S1 untuk menjadi PNS, karena nantinya akan tidak dapat diproses penyesuai ijazahnya karena ada syarat izin belajar dari Instansi, izin belajar mana tidak bisa berlaku surut..

    • Anonim berkata:

      Makasih min

  32. Pandawa berkata:

    Min mw tnya, Tolong jawab ya. Apakah stelah integrasi nilai skd+skb d.jumlahkn kmudian untk mnentukan lulus k.tahap pmberkasan mnggunakan nilai PG lgi min. 50 dri skala 0-100 yg brhak lulus k.thap slnjutx? Mksih..

    • admin-7 berkata:

      Pertama Kelulusan ditentukan dari rengking nilai integrasi SKD + SKB, rengking 1 lulus dan maju ke tahap pemberkasan. Jika ada formasi yang kosong maka yang diambil rengking 1 P1/L (Lulus PG) yang gagal pada penentuan kelulusan ynag pertama itu.. oke?

    • Pandawa berkata:

      Maksih min. Kirain nilai integritasx pakai PG lgi utk mntukn k.lulusan k.thap pmbrkasan..
      Ksusx kmrin d.formasi yg sy isi gak ada yg P1/L. Yg ada cmn lulus prngkingn 2 orng/p2L. N nilai skd n skb ttp sy yg rngking pertama..

  33. abdillah berkata:

    min kapan pengumuman hasil skb..?

  34. Fifin berkata:

    Min Jika 1 sekolah hanya 1 orng yg lolos p2/l dan mengikuti cat skb ternyata nilai skbnya dibawah gak smpai 60% apakah tetap akan lulus walaupun nilai akhirnya dibawah?
    Mohon di jawab ya min

    • admin-7 berkata:

      tidak ada Passing Grade untuk nilai SKB, Skala nilai SKB 1-100… dihitung dari hasil CAT SKB..

    • Fifin berkata:

      Terimakasih Min..
      Nilai saya SKD 269 dan SKB 150, gmn menurut mimin ? Apa sy bisa min ?

  35. abdillah berkata:

    min tambah nilai 10 utk putra putri daerah di berikan dari total nilai skb setelah di x60 atau dari nilai hasil ujian skbnya??
    contoh nilai skb putra putri daerah 300 langsung di tambah 10 atau di kali 06 hasilnya baru di tambah 10..

    • admin-7 berkata:

      ditambahkan pada hasil nilai ujian SKB sebelum dikali 60%, seperti misal (300/500)x100.000=60,000 > 60,000+10,000 = 70,000 baru dikali 60% jadi Nilai SKBnya = 42,000

    • reviana farisa berkata:

      berarti penambahan point 10 itu setelah dibagi 500 ×100 ya min.. tp menurut saya itu sangat tdk menguntungkan buat peserta yg bukan putri daerah.. contohnya saya dpt rengking 2 dari 3 formasi yg dibutuhkan dari formasi yg saya tuju. nilai SKD Saya 318 dan nilai SKB 255.. padahal kami sama2 dari 1 kabupaten. tp karena tdk berdomisili di kecamatan yg saya tuju perengkingan saya waktu ujian sepertinya tidak berarti.. malah peserta yg nilai ujian SKD DAN SKB rendah bisa terbantu dengan point 10 tu.. sepertinya permenpan 36 tahun 2018 harus dikaji ulang… sangat tidak adil… krn sebenarnya ujian cpns ini mau cari yg berkualitas atau karena yg lain2…

    • Fery berkata:

      Kalau 10 poin di tambah sebelum di kali 60 % itu berarti 10 soal bukan 10 poin.

  36. Yuri berkata:

    Admin saya mau bertanya… Ttg penambahan 10 point utk putra daerah. Seandainya setelah penambahan 10 poin d skb sudah dilakukan dan tetap nilai pesaing yg bukan putra daerah masih lebih tinggi, benarkah putra daerah tersebut tidak lolos kn min?
    Dan utk pengisiann formasi kosong apabila di sekolah tersebut tidak ada yg llos skb, apakah masih berlaku penambahan 10 point tadi min? Utk putra daerah yg nilai skb ny sudah d tambah 10 point?
    Terimakasih min…

    • admin-7 berkata:

      Tambahan nilai 10 point bagi putra daerah 3T yg mendaftar di formasi 3T itu sudah sangat membantu, jika nilaimu masih di bawah .. Admin harus bilang apa? Nilai SKBmu yg sudah ditambahkan 10 poit itu menjadi Nilai Akhir bagimu.. tentu hasilnya itu yg akan jadi dasar perengkingan termasuk untuk pengisian formasi yg kosong..

    • Yuri berkata:

      Iya terimakasih atas pnjlasannya min. Satu lg blm d jwb min… Utk pengisian formasi kosong apakah penambahan 10 point td msh berlaku min?

    • Yola berkata:

      Min jika peserta dr P2/L di 1 sekolah hanya 1 peserta yg lolos cat skb dan nilai skbjya rendah gak smpai 50% nilai akhirnya, apakah itu bisa lulus atau tidak? Karna hanya 1 peserta aja yg ikut cat skb dan tdk pesaingnya tdk lolos catskb.
      Mohon dijawab yaa min

    • Fatma berkata:

      Min mw tanya, maksud penambahan point untuk putra/putri daerah itu gimana ya? Apakah suatu daerah yang masuk kategori 3t secara otomatis bisa menambah point skb untuk putra daerahnya, walaupun hasil skb pelamar dari luar daerah lebih tinggi nilainya dari putra daerah?
      Atau penambahan point tersebut hanya berlaku jika nilai skb pelamar sama? Tolong di jawab ya min…. Please..

  37. Rian Mage berkata:

    Min, mohon pencerahannya. . .
    Apakah formasi Pamong Belajar menggunakan serdik atau tidak ?

    • admin-7 berkata:

      Yang diakui dan dihargai dengan nilai 100 adalah Sertifikat Pendidij.. tentunya Pamong Belajar yg memiliki Serdik masuk dalam katagori itu, hubungi instansi daerah tempat kamu mendaftar, tahun ini di instansi kami tidak ada formasi Pamong Belajar..

  38. Pandawa berkata:

    Min mw nanya. Sy lulus p2/L nilai skd 296 dan d.posisi ranking 1. Kmudian yg lolos k.ujian Skb cmn 2 orng sja. Untk mngisi 1 frmasi dan nilai saingan aku 257. Trus kmrin slesai ujian Skb Nilai antara kmi berdua. Sy lgi yg brada d.posisi prtama nilai trtinggi. Tpi nilai Skbq hanya 190 dan saingan aku 175..
    MAAF min Hx utk lbih myakinkn diriq lgi. Klw sprti itu apa ttp aku yg lolos k.pembrkasan wlau nilai cmn segitu??

    • admin-7 berkata:

      Silahkan bikin simulasi sperti yg ada pd artikel di atas, ketika semua sudah sesuai jangan ragu dengan hasil yg diperoleh..

  39. andi berkata:

    min,,,,mau tanya kalau yg lulus P2/L berlaku tidak sertifikat pendidik,,,mohon infonya?????

    • admin-7 berkata:

      Tidak ada bedanya Serdik bagi peserta P1/L atau P2/L.. Serdik itu dikeluarkan oleh instansi yg sama..

    • Dadan berkata:

      Min lau ga ada bedanya permenpan 36 THN 2018 tidak berlaku… Soalnya saya baca serdik berlaku manfaatnya jika peserta lulus PG berarti sesuai permenpan 37 THN 2018 (P1). d permenpan 61 THN 2018 (P2) tidak ada keterangan

  40. anonim berkata:

    min mau tanya, hasil skb nanti diumumin duluan ato nunggu integrasi dengan skd dulu baru diumumin? biar bisa itung itungan dulu siap siap persyaratan barangkali lolos dan siap siap hati barangkali ga lolos hehe, thanks before

    • admin-7 berkata:

      Seperti pola SKD mudah-mudahan kami akan tayang ulang pengumuman hasil CAT SKB yg sudah ditempel pd papan pengumuman pada hari ujian SKB, selanjutnya kita sama-sama menunggu pengumuman hasil integrasi Nilai SKD dan SKB serta kelulusannya dari Panselnas..

  41. rozi berkata:

    Malam admin, saya mau tanya. Misalkan formasi guru PAI ada 15,Terdiri dari 10 formasi SD dan 5 formasi SMP. setelah di integrasi SKD+SKB hasilnya hanya 10 yg lolos. Nah sisa ada 5 formasi sekolah yg kosong Terdiri dari 3 formasi SD dan 2 SMP .yg tdk lolos pemberkasan itu direngking lagi kn ya? Itu rengking diurutkan secara keseluruhan yg tdk lulus integrasi apa dipisah perjenjang. maksud nya apakah perengkingan untuk mengisi kekosongan tersebut digabung peserta SD dan SMP. ataukah perkelompok, perengkingan SD untuk formasi kekosongan SD dan kelompok perangkingan SMP untuk formasi kekosongan SMP.saya berharap sih perkelompok. Makasih admin

    • admin-7 berkata:

      Perengkingan pertama sesuai formasi perlokasi, ketika ada formasi kosong rengking lulus P1/L perjabatan perkualifikasi pendidikan.. setelah tidak ada P1/L baru rengking P2/L..

    • rozi berkata:

      Tidak ada yg p1/L min,,, semua nya P2/L,, nah utk yg kosong apakah perengkingan digabung atau dipisah pelamar SD dan SMP? Makasih min,,

  42. Kurcaci berkata:

    Min mau tanya bukankah menurut permenpan RB no36 tahun 2018 serdik tidak bisa digunakan sebagai maksimalisasi nilai skb jika keadaannya yang bersangkutan P2/L? Bagian J 1 pengolahan hasil seleksi. Mohon penjelasannya agar tidak mengarah ke hoax kalau ada yg salah min

    • admin-7 berkata:

      Ada ketentuan turunan permenpan 36/2018 tentang tata cara perhitungan integrasi nilai SKD+SKB dan tentang verifikasi validasi serdik yg meliputi semua peserta P1/L dan P2/L..

    • Jeklin berkata:

      Pak link http://ppg.ristekdikti.go.id/cekserdik/
      Yang menjadikan acuan BKD untuk mengecek keabsahan serdik kami, setelah di cek data kami tidak ditemukan. Saya serdik lewat jalur PLPG jika saya masukan nomor serdik di kolom yg disediakan tidak ditemukan data saya, apakah link tersebut khusus serdik lewat jalur PPg? Tapi jika di search google info gtk atau SIM PKB data saya Valid dan linear. Gimana itu Pak? BkD masih berpatoka pada link di atas.

    • awan berkata:

      pertanyaan yg ini di jawab dong min

  43. kristi berkata:

    mau nanya. misal formasi penyuluh masytakat ada di puskesmas A dbutuhkan 1 ,puskesmas B butuj 1 dan C butuh 1
    krna gada yg passing grade….maka tiap formasi d rangking 3 perpuskesmas….nah yg jd pertanyaan… stelah ikut skd dan SKB integrasi nilainya itu perpuskesmas atau d rangking seluruh puskesmas?

    • Tri berkata:

      Pertanyaanny sama

    • admin-7 berkata:

      Perengkingan pertama sesuai formasi perlokasi, ketika ada formasi kosong rengking lulus P1/L perjabatan perkualifikasi pendidikan.. setelah tidak ada P1/L baru rengking P2/L..

    • Ina berkata:

      Maksudnya perjabatan perkualifikasi pendidikan dari semua peserta,meskipun tidak unit kerja begitu kah min?

  44. Intan berkata:

    kak admin selamat siang, mau tanya terkait contoh kasus pengisian formasi kosong.misalnya formasi kosong dr formasi disabilitas, disebutkan kalo formasi itu bs diisi dr formasi umum dan cumlaude, tp disaring yg memenuhi PG utk formasi umum sesuai permenpan 37 2018, apakah yg dr jalur cumlaude jg harus memenuhi PG formasi umum min? atau sesuai PG jalur cumlaude di permenpan 37 2018?

    • admin-7 berkata:

      Baca jawaban-jawaban Admin di bawah..

    • Intan berkata:

      setelah sy baca, sy blm menemukan jawaban min. yg ada hnya penjelasan kalo ada formasi kosong dirangking dr yg P1/L kalo tdk terpenuhi baru dr P2/L, memang betul. tp dr yg P1/L ini, trmasuk P1/L yg dr PG cumlaude (TIU 85, KUMULATIF 298) atau harus yg cumaude P1/L memenuhi PG formasi umum? (TWK 75 TIU 8 TK 143, KUM 298)?

    • admin-7 berkata:

      dari penjelasn Admin bisa disimpulkan, ketika Formasi Disabilitas kosong dapat diisi dari formasi umum dan cumlaude, disaring dari yang lulus PG (P1/L) itu menurut admin cukup jelas, yang pertama dikumpulkan P1/L dari Umum dan Cumlaude keduanya kemudian direngking.. rengking 1 nya mengisi formasi yang kosong.. begitu juga sebaliknya misal 1 formasi cumlaude yang kosong dapat diisi dari formasi Disabilitas dan Umum, disaring yang lulus PG (P1/L) dulu, rengking 1nya mengisi kekosongan, ketika tidak ada lagi P1/L baru diambil dari kumpulan peserta P2/L ..

    • Siti sangadah berkata:

      Min maaf mau bertanya,,
      Lalu apabila ada formasi cumlaude yg kosong apakah cara pengisiannya bisa diambil dari peserta formasi umum berdasarkan peringkat terbaik?
      Mis:di sekola A dibutuhkan 1 formasi umum dan 1 untuk formasi cumlaude. Formasi umum jmlah yg lolos 3, s3dangkan di formasi cumlaude kosong (tdak ada peserta skb)
      Bagaimana cara pengisiannya min? Apakah otomatis diisi dr peserta formasi umum sesuai penempatan sekolah yg sama dulu atau bagaimana? Mohon penjelasannya. Thx

  45. Atan berkata:

    Min, apa benar putra asli daerah dtambah nilai nya 10 poin ??? Dan bagaimana cara penambahan 10 poin

    • admin-7 berkata:

      Benar, untuk putra daerah tertinggal, terpencil, terdalam (3T) yg mendaftar di formasi daerah 3T yg dimaksud sesuai aturan..

    • Herry berkata:

      Permisi Admin, izin bertanya, apakah benar Kota Cirebon tidak ada daerah yg tergolong 3T…? Jika ada daerah atau Sekolah mana saja, Mohon penjelasannya, terima kasih banyak….

    • udin berkata:

      UntuK kota cirebon yg termasuk 3t ada ga min…melihat kota cirebon sudah maju dan strategis spt ny tidak ada ya min?

    • udin berkata:

      sebenarnya pengen bertanya…tp setelah saya scrol kebawah..ternyata admin sudah banyak kasih gambaran…..buat yg lain cb baca2 koment dari teman2 brgkali bisa mewakili pertanyaanmu…

  46. Arifa berkata:

    Min,jk di kementrian buka 8 formasi,6 umum 2 disabilitas.yg PG umum 8 orang dan 2 disabilitas kosong tdk ada yg ikut SKB Krn tdk PG,,,setelah SKD+SKB,apakah formasi disabilitas di isi umum apa dibiarkan kosong???

    • admin-7 berkata:

      Jika setelah diisi menurut ketentuan ternyata masih kosong akan tetap kosong dan akan diisi pada perode penerimaan CPNS tahun berikutnya..

    • Arifa berkata:

      Maaf min biar aq paham lg,,, jd ketentuannya klo menurut kasus di atas,yg formasi umum kan 8 yg ikut SKB,,,berarti itu lolos ke pemberkasan min?Krn yg disabilitas tdk ada yg lolos ke SKB.

  47. Elni berkata:

    Min SKD itu susah sama susah nya sama SKB kenapa bobotnya kecil banget hanya 40% dibandingkan SKB kenapa juga banyak gugur SKd karena skd sulit kenapa hanya d kalikan dgn 40% aja

  48. Indra berkata:

    Min minta tolong tentang PGSD/ guru SD
    Mau tanya : yg mengikuti SKB ad 3 org dan yg diambil d skola trsebut 2 org
    Smentara banyak formasi kosong d skola SD lain
    Jumlah formasi kseluruhan PGSD 105 SETIAP skola 2 formasi dan ad juga yg 1 formasi
    Dan yg memenuhi nilai ambang PG utk SKB 67 jd bnyak yg kosong formasi di SD lain
    Mohon penjelasan min..

  49. agung berkata:

    Ikut skb, tapi susah lulus serdik, tapi serdik belum keluar apa bisa tambah di skb nya Min?

    • admin-7 berkata:

      Yg diverifikasi dan divalidasi adalah serdik yg sudah terbit dan ada dalam sistem info.gtk.kemendikbud.go.id atau ppg.ristekdikti.go.id atau simpatika.kemenag.go.id ..oke

  50. Anonim berkata:

    Min minta tolong tentang PGSD/ guru SD
    Mau tanya : yg mengikuti SKB ad 3 org dan yg diambil d skola trsebut 2 org
    Smentara banyak formasi kosong d skola SD lain
    Jumlah formasi kseluruhan PGSD 105 SETIAP skola 2 formasi dan ad juga yg 1 formasi
    Dan yg memenuhi nilai ambang PG utk SKB 67 jd bnyak yg kosong formasi di SD lain
    Mohon penjelasan min..

  51. Hariri berkata:

    Min misal serdik nya di guru TK tapi daftar di guru SD PAI, kalau lolos skd apakah ikut ujian skb juga dan serdiknya itu ada pengaruhnya juga?

    • admin-7 berkata:

      Serdik Guru TK tidak linier dgn Guru SD.. tetap ikut SKB dan nilai yg dihitung adalah hasil Ujian SKBnya..

  52. dodi berkata:

    Min kalo didaerah yang hanya melakukan SKB CAT saja, bobot nilainya berapa min, di samakan jadi 100%, di bagi 50%-50% maksudnya 50% dari nilai SKB dan 50% bisa dikali 0 atau dikali 100, atau cuma dibobot serendah2nya 50% saja min, tks

    • admin-7 berkata:

      Baca dan pelajari artikel di atas.. Nilai SKB yg diambil cuma dari unsur ujian CAT saja bobotnya ya 100%.. seperti yg diuraikan pada artikel di atas.. Nilai SKB yg diambil dari 2 unsur, ujian CAT dan ujian Keterampilan misalnya bobotnya tergantung Instansi yg menerapkannya.. Jelas? boleh 50% untuk CAT 50% untuk Keterampilan, boleh 60% untuk CAT dan 40% untuk Keterampilan, itu terserah ketentuan Instansinya.. oke

    • Dodi berkata:

      Kalo langsung di bobot 100% bypass donk min, sama aja kayak gk dibobot… Coba kalo di simulasi bobot 100% sama 50%:50%, kl nilai yg dimasukkin 100, hasil kedua2nya 100 jga, tapi kalo selain 100 hasilnya pasti beda…

    • Dodi berkata:

      Lagian di permenpan diterangkan SKBCAT dibobot serendah2nya 50% tanpa ada klausul brp jenis bntuk SKB, hanya dipasal slanjutnya diterangkan kalo tmbh 1 jenis skb bobot SKB CAT mesti 60%, lainnya 40%, ad lg yg kombinasi 3 jenis… Saya blm ngeeh min baik soal dasar di permenpan, maupun kl udah disimulasiin kalo SKB CAT 100% bypass gitu..

    • Dodi berkata:

      Kalo dia tunggal bukankah lebih adil kalo pembobotan bertingkat min. Misal nilai 10-20 bobotnya 20, 20-30 bobotnya 30 dst…

    • Anonim berkata:

      Jadi perengkingan persekolah apa perjurusan?

    • admin-7 berkata:

      Yg bobot 100% itu untuk penilaian total SKBnya, untuk integrasi dgn nilai SKD, bobot nilai SKB 60% dan SKD 40%..

    • dodi berkata:

      Betul min, makanya saya tanya adakah ketentuan di permenpan soal total skbnya boleh dibobot 100%, seingat saya ada ketentuan serendah2nya dibobot 50% tanpa klausul lain.. kalau dia di bobotkan langsung 100% sama saja dengan tidak di bobot menurut saya,, lantas apa tujuan pembobotan kalau dia baypass.. simulasinya ada di rumus diatas.. kalau integrasinya memang dari tahun2 sebelumnya nilainya 60:40..

    • dodi berkata:

      NILAI 100 KALO DIBOBOT 100 JADI 100 JUGA.. GK USAH DIBOBOT, BYPASS NILAINYA TIDAK BERUBAH… MAU DI KALI 50:50 JUGA MASIH 100 HASILNYA
      SEKARANG COBA NILAI 90,
      90X100%= 9O
      90X50%=45
      ANGGAPLAH SEMUA PERSERTA DIKASIH NILAI 100 UNTUK SISA BOBOTNYA
      100X50%=50
      NILAI BYPASS 90, SEMENTARA TOTAL NILAI BOBOT 95,

  53. Mp berkata:

    Mlm min apakah yang lolos PG pasti auto lolos apabila formasinya sdh sesuai jumlah kuotanya sesuai jumlah yang lolos

  54. Anonim berkata:

    Admin saya mau tanya, kalau misalnya setelah di integrasi nilai skd dan skb selisih nilai A dan B adalah 0,08. Walaupun selisih nilainya cuma 0,08 itu juga di perhitungkan yaa untuk lulus di tahap skd? Apakah tidak ada pertimbangan untuk putra putri daerah asal??

    • admin-7 berkata:

      Penilaian dilihat sampai 3 angka dibelakang koma. Putra Putri Indonesia memiliki Hak yg sama untuk menjadi ASN di seluruh wilayah Indonesia.. oke

  55. Ali alatas berkata:

    Salam min.. maaf saya dari sulawesi ingin mempertanyakan masalah putra/ putri daerah yang mendapatkan 10 poin( daerah tertinggal/ dan terpencil) cara pemabhannya bagaimana min?? Saya terus terang masing bingung , menurut refensi yang syaa baca di bangka pos penambahan 10 poin utuk putra/ putri daerah akan berlaku jika nilai SKB nya sama( seri) dengan peserta di luar daerah yg masuk kategori. Bagaimanakah yang sebenarnya min?? Mohon balasannya.

    • admin-7 berkata:

      Nilai 10 ditambahkan pada nilai SKB setelah perhitungan 60%.. Sejauh pemahaman Admin tidak ada kriteria nilai sama untuk penambahan itu.. artinya walaupun nilai peserta yg memenuhi katagori putra daerah yg dimaksud lebih rendah tetap mendapatkan tambahan nilai 10 itu.. menurut Admin, justru kondisi inilah yg jadi tujuan ketentuan ini diterapkan, untuk memberikan peluang lebih kepada putra daerah katagori termaksud.. oke..

    • Rosi Marlina berkata:

      Min, penambahan nilai 10 poin untuk putra/putri daerah ini bagaimana min? Misalkan nilai skb saya 220, karena saya putra daerah nilai saya ditambah 10 jadinya 230. Begitu kah min? Mohon dijawab min 🙏🙏

    • Vinsensia berkata:

      Min..ttg penambahan poin untuk putra daerah apakah hrus mengumpulkan berkas ke bkd?daerah sy tdk diumumkan ntk pengumpulan berkas.instansibyg sy lamar berada di daerah 3t dan sy berasal dr kecamatan yg sama

    • Via berkata:

      Ini udah fix belum ya

    • Anonim berkata:

      Jadi admin walaupun nilai kita lebih besar dari putra purti daerah itu….otomatis yg putra daerah itu yg jadi.ASN karena penambahn 10 kah…soalnya sy dari luar daerah cirebon

  56. Ina berkata:

    Min mau tanya,seandainya di instansi saya formasi perawat jalur umum 1 dan cumlaude 1, cumlaude tidak ada pelamar. Saat ke skb semua p2/L&setelah integrasi rangking 1 yg lolos,begitu kan min?. Di instansi lain ada peserta p1 /L (maju ke skb) tp nilai integrasi kalah dgn rangking 2 di instansi saya. Itu bagaimana min? Apakah yg mengisi cumlaude yg p1/L dari instansi lain itu? Atau yg rangking 2 di instansi saya?

    • admin-7 berkata:

      Sudah dijelaskan, kompetisi di jabatan dan lokasi/instansi masing-masing, yg lulus adalah rengking pertama dari nilai akhir integrasi SKD+SKB, formasi cumlaude yg kosong akan diisi oleh rengking 1 P1/L yg gagal.. bila tidak ada P1/L maka rengking 1 dari P2/L yg gagal.. oke

    • Ina berkata:

      Berarti perawat rengking 2 p2/L di rumah sakit x bisa mengisi formasi kosong ya min? Walopun seandainya ada p1/L gagal di rumah sakit Y begitu ya min

  57. Bangkawali berkata:

    Min mau tanya, pasca skb kemarin saya rangking 5 di pormasi yg dipilih, yg diterima jurusan saya 4 dengan lokasi yg berbeda. Sedangkan di lokasi sekolah yg saya pilih saya rangking pertama. Apakah saya berpeluang maju ke tahap berikutnya? Terimakasih min.

    • admin-7 berkata:

      Sudah dijelaskan, kompetisi di jabatan dan lokasi masing-masing, yg lulus adalah rengking pertama dari nilai akhir integrasi SKD+SKB.. jika 1 sekolah 1 formasi maka yg lulus adalah rengking 1 dari 3 org.. oke

    • Bangkawali berkata:

      Kemudian apa tahapan berikutnya min, apakah masih ada tahap wawancara dan apakah penentuan akhir di tentukan oleh daerah masing- masing atau integritas SKD dan SKB menjadi penentuan akhir lulus/ tidak lulus CPNS 2018?

    • Yola berkata:

      Min mau nanya,
      Jika 1 sekolah hanya 1 orng yg lolos p2/l dan mengikuti catskb ternyata nilai skbnya dibawah gak smpai 60% apakah tetap akan lulus walaupun nilai akhirnya dibawah?
      Mohon di jawab ya min

  58. Arris Wijayanto berkata:

    Selamat malam min, mau tanya soal permenpan pasal 7e dan 7f.. yg jd contoh mimin kan guru, bgmna kalau kasus itu TRJADI di formasi Teknis..?? Misalkan ada kekosongan formasi di bidang ANALIS Tata Ruang, apakah formasi itu bisa diisi dr peserta SKB yg tdk lulus dr formasi ANALIS JALAN JEMBATAN (kualifikasi pendidikannya sama ; S1-Teknik Sipil)..??? Apakah akan dirangking untk smua peserta teknis yg tdk lulus SKB yg kualifikasi pendidikan sama dan dirangking nilai integrasinya..?

    • admin-7 berkata:

      Ketentuan pengisian formasi kosong pertama dilihat dari jabatan dan pendidikan yg sama, dari kasusmu menurut admin, jabatan Analis Tata Ruang bisa diisi dari rengking 1 di antara P1/L yg gagal di jabatan Analis Jalan Jembatan ditambah dari jabatan teknis lain yg dgn kualifikasi pendidikan yg sama, jika tidak ada P1/L akan diambil dari rengking 1 P2/L.. oke

    • Arris Wijayanto berkata:

      Trmksh bnyak Min…

    • Fifin berkata:

      Jika 1 sekolah hanya 1 orng yg lolos p2/l dan mengikuti catskb ternyata nilai skbnya dibawah gak smpai 60% apakah tetap akan lulus walaupun nilai akhirnya dibawah?
      Mohon di jawab ya min

  59. Analisa berkata:

    Min mau tanya misalkan total nilai skd dan skb dari 3 orang yang bersaing lalu ada dua orang nilai tertinggi misal : si A 52,200… lalu si B 52,540 hanya befa d koma apakah si B yang lulus karena hanya 1 orang yg d cari mhon pncerahannya

    • admin-7 berkata:

      Ya, penilaian dilihat sampai 3 angka dibelakang koma, jika 1 formasi yg ada apa mungkin diterima 2 org?

  60. Anonim berkata:

    Min mau nanya, misal
    si A. SKDnya 309,TWK 105,TIU 75 danTKP 129. 2 bidang tdk mencapai standar nilai kelulusan.
    Si B. SKDnya 303.TWK 80,TIU 90,TKP 133.hanya 1 bdang yg tdk mencapai nilai standar kelulusan.dan stelah tes SKB nilai si A dan si B sama2 305.it bagemana tuh min?

    • Heri berkata:

      Setuju bang yang hanya lulus satu bidang tapi nilainya jumlahnya lebih besar dari yg dua bidang kemana kualitas yg di inginkan. Terkecuali memang sudah tidak ada yg lulus dua bidang kemungkinan bisa di ambil yg tertinggi. Tapi hanya saran tidak tau kedepannya bagaimana bkn pasti punya hal yg terbaik dalam mengambil kualitasnya

    • Rinda berkata:

      Klo secara akumulatif 40:60 skd:skb, maka si A yg besar.. kecuali jika nilai skd mereka jg sama, maka dilihat dr tkp nya maka nia si B yg menang
      *Mnrt saya ya

    • admin-7 berkata:

      Ketentuan nilai SKB sama, yg lulus adalah nilai TKP yg lebih tinggi, jika TKP sama, maka TIU yg lebih tinggi, jika TIU sama maka TWK yg lebih tinggi, dari kasusmu maka si B yg Lulus.. oke

    • Anonim berkata:

      Min itu nilai SKD loh bukan SKB

  61. Evalia Juserie berkata:

    Min..tanya yaaa…kalau misalnya 1 formasi yg dibutuhkan, trs yg lulus PG SKD (dgn nilai 320) cuma 1 org aja…trs wkt ikut skb nilainya cuma 260… Itu gmn min…kira2 lulus gak SKB nya? Tolong dijawab ya min…. makasih…

  62. In berkata:

    Min,mau tanya semisal di rumah sakit X formasi cumlaude kosong,peserta SKB di RS tersebut 3 orang (P2/L). Setelah di integrasi nilai skd&skb dari peserta-peserta tsb, apa urutan kedua hasil integrasi yg akan mengisi formasi kosong itu min?

    • admin-7 berkata:

      Ya, jika ada 2 formasi, 1 umum dan 1 cumlaude, peserta skb 3 org dari umum dan cumlaude tdk ada peserta skbnya (kosong)..oke

  63. Lulu berkata:

    Min mau tanya, kalau di suatu instansi ada 10 formasi, masing2 formasi dibutuhkan 2 orang. Yg ikut Ujian SKB 60 org. Apakah itu nanti hasilnya di rangking tiap formasi apakah di rangking secara umum? Untuk 20 orang tsb. Thnks

    • admin-7 berkata:

      Rengking masing-masing formasi.. Jika 2 orang yg dibutuhkan di 1 formasi maka pesertanya maksimal 6 orang, rengking 1 dan 2 yg lulus..

    • Anonim berkata:

      Walaupun ke 10 formasi ini sama ya? Jd disini dibutuhkan bidan 20 org, di 10 puskesmas. 1 puskesmas 2 org. Ujian smalam 60 org termasuk saya. Jadi di tempat puskesmas saya pilih 6 org ujian SKB, skor kami rendah2, sedangkan di puskesmas yg lainnya skor nya tinggi2, jadi kami peringkat 1&2 takut digeser oleh puskesmas lain yg nilainya lebih tinggi. Terima kasih.

    • Fer berkata:

      Menurut saya ini tidak adil..kenapa tidak di rangking secara umum saja sebab mereka satu jenis formasi cuma beda lokasi…disini kita diseleksi untuk mancari yang terbaik diantara yang baik..soal penempatan pemerintah daerah bisa mengaturnya dan pemda memperoleh PNs yeng terbaik dan berkualitas..bukankah itu tujuan dari seleksi..terima kasih..

    • Ana Sukasih berkata:

      iya… setuju sekali..
      setelah hasil skb keluar, banyak peserta dari PL1 yang nilainya lebih rendah dari PL2 malah…. teyuussss….

    • joo berkata:

      klo sleksi secara umum lbh ga adil…lantas buat apa kita d suruh milih formasi tp ujung2nya d aeleksi seluruh umum formasi….. buang2 waktu kita ikut skb…..hrsnya klo emg mau rangking keseluruhan formasi dbritahu dr awal dan tidak usah ada 3 org P2/L

    • Badry berkata:

      Sistem perangkingan nya apakah digabung antara P1/L dan P2/L min…

  64. udut berkata:

    apakah ujian SKB hanya CAT MIN?????
    UNTUK DAERAH
    TERIMAKASIH

  65. udut berkata:

    min apakah SKB hanya ujian CAT saja???
    ini untuk daerah
    mohon Pencarahan
    Terima kasih

  66. udut berkata:

    min
    apakah SKB hanya CAT SAJA??????

  67. Brikos berkata:

    Min.. gmn peraturan penambahan poi bagi putra putri daerah?.

  68. Anonim berkata:

    Tambahan nilai 10 poin untuk putra putri daerah gmn min?.

  69. retni purba berkata:

    Min tanya dong…
    di satu puskemas daerah ada 2 org lulus PG , hanya mereka yg ikut SKB. nilai skb nya sama2 tinggi. berarti yg lulus 1 di Puskesmas itu.
    apakah yg 1 bisa masuk ke puskesmas lain , karena nilainya lebih tinggi dari peserta yg ada di puskesman lain ? karena dibidang itu hanya 2 orang yg lolos PG di kabupaten itu. apakah nilai PG nya tidak ada penghargaan. tolong pencerahannya min…

    • admin-7 berkata:

      Persaingannya ada di puskesmas yg dilamarnya. Kesempatannya mengisi jabatan yg sama di puskesmas lain hanya ada ketika di puskesmas itu tidak ada peserta SKBnya (formasi kosong)..

    • fatih berkata:

      selamat pagi min semoga selalu sukses dalam menjalankan tugas,
      semoga admin menjawab kasus ini ya min.

      berarti min misal ini ada 4 Instansi dengan formasi 1 Jabatan Pengelola Teknologi Informasi untuk masing masing Instansi,
      yang terdiri dari peserta :
      Instansi A (peserta P1/L = 3 orang lanjut SKB)
      Instansi B (peserta P2/L = 3 orang lanjut SKB)
      Instansi C (peserta P2/L = 3 orang lanjut SKB)
      Instansi D (peserta P2/L = 3 orang lanjut SKB)
      ketika di integrasikan Nilai SKD + SKB apakah yang berhak mengisi formasi masing masing Instansi yaitu peserta yg nilai Akhirnya Tertinggi di masing masing Instansi min?

      apakah yang di Instansi A (peserta P1/L itu bisa mengisi formasi peserta P2/L) di Instansi B, C, dan D ?

    • adnan berkata:

      berarti jika di peserta SKB nya meskipun peserta di Puskesmas lain itu peserta P2/L 1 orang yg lulus PG tidak bisa menempati Puskesmas yang ada peserta SKB P2/L ya min?

      memastikan dan mantepin min.

  70. Anonim berkata:

    Min.. tolong jawab dong. Kalau kasusnya ada 2 peserta yang lulus P2/L yang memiliki sertifikat pendidik, apakah kemenangannya ditentukan dari tingginya nilai SKD??

    • admin-7 berkata:

      Hasil akhir tetap ditentukan dari nilai integrasi SKD dan SKB..

    • Anonim berkata:

      Ya min, karena mereka sama2 dapat nilai 100 otomatis karena berserdik, jadi yang menang yang nilai SKDnya tertinggi ya min??

    • aldy tungga berkata:

      maksudx integrasi dari nilai skd dan skb min?

  71. Enoy berkata:

    Min saya mw tanya,, jadi ada jurusan dan jabatannya sama dilokasi yg sama. tp formasinya beda (umum & cumlaud) jumlah masing2 yg diminta instansinya 1org umum dan 1 org dari cumlaud. di formasi umum dan cumlaud ini tdk ada memenuhi PG . Jd hasil skd nya umum 3 org P2/L. Yg cumlaud 1 org p2/L. Cumlaude ini bertepatan hanya seorg saja yg daftar. Jadi gmn nasib yg 1 org cumlaude ini min, apakah auto lulus cpns tanpa bersaing dgn temen2 dari umum td ? Soalnya kan mreka uda beda rumah istilahnya. Mohon penjelasannya min…

    • admin-7 berkata:

      Tidak ada istilah auto cpns dalam seleksi penerimaan cpns, semua melalui proses sesuai aturan, tentang peserta cumlaude yg hanya 1 orang tetap diproses sesuai aturan, persaingan sudah dilaluinya dari awal, ketika perengkingan akhir dengan 1 peserta bagaimana menurut mu?

    • adinda rizki berkata:

      langsung lolos dong yah min? karna dia ga ada saingan (soalnya saya bernasib seperti ini)

  72. Agustiany hqjq berkata:

    Admin mw tanya..kalau nilai nilai skd dan skb setelah dikumulatifkan nilainya sama..maka siapa yang akan lolos ditahap pemberkasan…mohon pencerahannya

  73. Anonim berkata:

    Min, apa BLUD akan dpt point tmbahan untuk nilai akhir cpns? khususnya tnga kesehatan

    • Anonim berkata:

      kalau diakumulasikan SKD dan SKB masuk dalam rangking formasi, tapi banyak yang bilang itu nanti akan kalah dengan Tenaga BLUD walaupun nilainya dibawah saya, karena merekan akan dapat point tambahan di akhir…….
      apakah seperti itu? klau mmg bnar sperti itu berarti formasi hanya terisi BLUD, orang lain numpang lewat aja dong

    • Anonim berkata:

      Apa itu tenaga blud

    • Anonim berkata:

      Slmt malam min..ijin bertanya misal hasil integritas skd+skb si A 51 dan si B 51,88 .. apa kah si BB yg lolos ?atau ada penilaian lg..soalnya kan beda tipis.. terimaksih

    • admin-7 berkata:

      Maaf Admin tidak tau tentang BLUD, setau Admin, di Instansi Daerah Kota Cirebon tidak ada kriteria tentang BLUD..

  74. Anonim berkata:

    Min, nanya dong
    Seumpama d lokasi x formasi yg d ambl ada 3(umum) 2 (disabilitas) , yg ikt skb itu ada 4(umum) 2(disabilitas) …nah waktu skb yg hadir 4(umum) dan 1 disabilitas …dan hsil total nlai dari formasi umum stlah d peringkt 1 orng gugur .
    Yg sya tanyakan formasi 1 disabilitas yg tdk hadir itu kan otmts gugur bisakah di gantikan dri formasi umum?

    • ignatius jalu berkata:

      apa mau yang umum tersebut disebut disabilitas?
      karena ada peraturan pemerintah harus menyediakan 2% pekerjaan untuk penyandang disabilitas.
      jadi mungkin akan di kosongan untuk kuota seleksi periode berikutnya

    • Anonim berkata:

      Kalau menrut permenpan no 61 pasal 7 kalau ada formasi khusus(cumlaude & disabilitas) yg ksong dapat di isi dri formasi umum dgn nlai yg memenuhi PG dan berperingkat terbaik. Berarti permenpan tsb tdk berlaku kah?

    • admin-7 berkata:

      Formasi disabilitas yg kosong bisa diisi dari formasi umum begitu juga sebaliknya..

  75. Amir berkata:

    Min di permenpan disebutkan bahwa guru yang bersertifikat nilai SKB nya dianggap 100 jika lolos passing grade. Nah kalau guru tsb tidak memenuhi passing grade kemudian lolos perangkingan apakah nilai SKB nya 100 atau gimana min?

    • admin-7 berkata:

      Ada edaran paselnas yg memberlakukan nilai skb 100 sertifikasi bagi peserta p1/l dan p2/l..

  76. ayu berkata:

    pagi min..
    min, saya mau tanya..
    di formasi saya yg d butuhkan cuma 2 org.. satu P1/L dan 3 P2/L. waktu ujian SKB kemaren, nilai saya setelah saya hitung2 dapat peringkat ke 2 . nah, saingan saya yg P1/L mendapatkan bobot skb jauh di bawah saya atau peringkat k 4 . itu bagaimana min? apa saya masih ada harapan untuk lulus? mohon pencerahan nya min.

    • Juan berkata:

      Klo kasusnya seperti itu silakan baca permenpan 61 thn 2018 pasal 6, disitu jelas dikatakan klo p1 dan p2 bersaing dengan kelompoknya masing-masing. jadi klo mba itu dari p2, maka yangperlu diperhatikan nilai saingan mba yg 2 org lagi p2, krn klo p1 itu udh bisa dikatakan pasti mengisi 1 formasi yang ada dan sisa 1 formasinya diisi dari kumulatif p2.

    • admin-7 berkata:

      Yang lulus p1/l dan p2/l rengking 1 nilai akhir..

  77. Bunga berkata:

    Assalamuallaikum min.Mau tnya min
    Jika formasi yang dbutuhkan 1 , di suatu lokasi, yg llus skd cma 1 , tidak ada saingan, apakah bisa berkemungkinan besar dia llus skb meskipun nlai nya rendah???
    Mohon penjelasannya min

  78. Ibnu affan berkata:

    Ini yang jadi kegundahan saya min setelah integrasi SKD dan SKB menurut permenpan no 36 formasi kosong adalah ketika tidak ada yang PG atau tidak ada yang melamar maka yang berhak mengisi adalah pelamar jalur khusus atau umum yang ijazahnya linear dan memenuhi PG..tapi setelah ada permenpan 61 yang kosong itu diisi perangkingan P2/L dan akhirnya peraturan di permen yg lama jadi tidak berlaku untuk P1/L diunit yang lain krena sudah ada yg mengisi…bukannya itu namanya menganulir bukan menambahkan hal yang belum ada min…mohon penjelasannya

    • Martin berkata:

      seharusnya P1/L prioritas mengisi formasi

    • admin-7 berkata:

      Pelajari tabel contoh pengisian formasi kosong pada artikel di atas, ada ketentuan disaring/difilter dari yg lulus PG dan direngking, rengking terbaik mengisi kekosongan begitu seterusnya selama masih ada formasi yg kosong..

    • Johan berkata:

      Kayaknya ya ngak da yg kosong…. Kalau semua diambil dr peringkingan.

    • Ibnu Affan berkata:

      Masalahnya setelah ada permenpan yang baru formasi kosong tersebut jadi terisi dengan yang petangkinga itu min jd permenpan yang baru jelas merugikan yang sudah lulus dari awal…jika bisa minta tolong sampaikan ke panselnas keluhan ini min banyak yang merasa arti “kosong”ini berubah sejak ada permenpan yang baru

    • Intan berkata:

      disaring/difilter dr yg status P1/L semua termasuk yg cumlaude, atau yg cumlaude jg harus memenuhi PG formasi umum min? TWK 75, TIU 80, TKP 143?

  79. Agus berkata:

    Min mau nanya misalkan 1 formasi disabilitas di kota madiun untuk analisis kepegawaian tidak ada pelamar, sementara 1 formasi umum untuk analisis kepegawaian lulus skb P1/L ada 3 orang setelah hasil integrasi skd dan skb, peringkat 2 bisa mengisi kekosongan di formasi disabilitas? Permasalahannya kualifikasi pendidikan yg untuk disabilitas administrasi negara dan umum adalah psikologi. Namun jabatannya sama analisis kepegawaian ahli pertama

    • admin-7 berkata:

      Mudah-mudahan bisa..

    • Agus berkata:

      Setelah pengumuman ternyata di daerah kami tidak bisa, meskipun jabatan sama namun pendidikan berbeda….dan formasi khusus disabilias pendidikan yang dibutuhkan bisa berdiri sendiri, tidak ada formasi pendidikan yang sama dengan formasi tersebut jadi tetap dibiarkan kosong…

  80. Ivan11 berkata:

    Min, ada info daerah mana sajakah yang termasuk dalam kategori Tertinggal/Sangat Tertinggal dalam CPNS 2018. Sehingga khusus putra/putri daerah mendapat tambahan 10 Poin trims

    • admin-7 berkata:

      Jelajah internet, cari SE Menteri Kesehatan tentang puskesmas daerah terpencil dan sangat terpencil atau daftar sekolah negeri tertinggal dan sangat tertinggal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan..

  81. Nisa berkata:

    Maaf mau tanya min
    Saya di Aceh..
    Apabila saya pilih formasi di sMP. Tapi saya pnya sertifikat pendidik di TK
    Apakah ada penambahan 10 point
    Mohon pencerahan

    • admin-7 berkata:

      Sertifikasinya tidak linier, tidak diakui.. point 10 hanya untuk putra daerah di lokasi daerah terpencil, daerah tertinggal..

  82. Anonim berkata:

    Min mau tanya, kalau ada peserta SKB dengan status P2/L dengan peserta no.1 dan no.2 hasil SKD nya 341 dan 334 dan sama sama memiliki sertifikat pendidik. Itu artinya hasil SKB tak berlaku dan yang lolos adalah peserta rangking no.1?

  83. Zulkifli berkata:

    Malam min apabila ada formasi untk SD yg kosong trus Formasi dari SMP ada yg rengking tiga boleh atau tidak yg Formasi SMP pinda di SD.

    • admin-7 berkata:

      Tidak..

    • Joan berkata:

      Min, kalau peserta Analis Jalan jembatan mengisi Jabatan kosong di pengawas Gedung dan Bangunan bisa tidak (formasi sama S1 Teknik Sipil)???

    • Lian berkata:

      Kenapa tidak bisa min. Sy lihat di aturan lineritas pendidikan fisika yg melamar di formasi smp pendidikannya linear dengan guru sd . apakah itu bisa mengisi formasi sd yg kosong . di daerah sy ad 25 formasi sd yg kosong setelah 15 orang yg mengisi formasi sd yg melaju ke SKB.karna ad 40 kuota utk guru sd. Semntara teman sy ambil formasi smp pendidikan fisika namun dia termasuk urutan ke dalam ujian SKB . apakah dia bisa mengisi formasi sd yg kosong .tolong min

  84. Efta berkata:

    Min. Peserta disabilitas formasinya 1, pesertanya cuma 1, P2/L
    Nilai SKD 260
    Nilai SKB 185
    Kira-kira lulus gak min ??

  85. Anonim berkata:

    Min mau tanya penilaian akhirnya nanti per instansi yang dilamar atau per jurusan min terimakasih min

  86. Boje berkata:

    Min, apakah P1/L akan bersaing dengan P2/L dalam SKD ?

  87. Dewi berkata:

    Admin, jika di suatu formasi yg lulus SKD 2 orang dengan nilai sama (imbang), lalu mereka ikut SKB dan ternyata nilai SKB nya juga sama. Itu bagaimana ya min ? Mohon pencerahannya min. Terimakasih.

    • admin-7 berkata:

      akan dilihat dari nilai SKDnya mulai dari TKP, TIU kemudian TWK siapa yang lebih tinggi akan maju.. semua masih sama akan di lihat dai nilai IPK, masih sama juga terakhir akan dilihat usia yang lebih tua.. oke..

  88. Anonim berkata:

    Min apakah klulusan asn berdasrkan per lokasi atau di gabung satu jurusan per instansi daerah trus bru dirangking , diambil ssuai kbutuhan? Jd jatuhnya penempatan nya terserah pemerintah..atau per lokasi dirangking trus diambil yg ranking satu saja?
    Kan kalau diambil yg rangking satu per lokasi ga adil donk dg lokasi lain yg satu kbupaten tp nilai lbh rendh yg rangking satu d tmpt lain..akan ada ktidak adilan nilai juara satu tiap tempat/satu instansi

    • Anonim berkata:

      Berarti bakal hasilnya per skolah dlm stu instansi daerah mski pun rangking satu d skolah a poin lbh rendh drpd poin skolah b yg juara dua..malah kalah ama yg rangking satu d skolah a y?

    • admin-7 berkata:

      kompetisi ada di tempatnya masing-masing.. jangan hiraukan kompetisi di tempat lain.. fokuslah untuk jadi yang terbaik dalam kompetisi yang kamu hadapi.. oke

    • Anonim berkata:

      Slmt malam min..ijin tnya misal hasil skd+skb si A 51 dan si B 51,88 . Itu setelah di hitung ahir. Apakah si B yg lolos atau termasuk nilai sama ..soalnya kan bedanya tipis. Terimakasih min…

    • admin-7 berkata:

      Tahap pertama, Rengking terbaik dari hasil integrasi akan mengisi formasi di lokasi tempat ia melamar.. setelah itu, ketika ada formasi kosong dengan jabatan dan pendidikan yang sama, barulah diambil dari peserta yang belum terjaring (rengking 2 dan seterusnya) pada tahap pertama akan dikumpulkan dan direngking, rengking terbaik akan mengisi formasi yang kosong berurutan mulai rengking tertinggi sepanjang ada formasi yang kosong.. oke

    • anonim berkata:

      mana mungkin ada formasi kosong,. bukankah setiap formasi yg dilamar sudah dilakukan perangkingan, jika tidak ada satupun yg lulus pg, dalam rangka optimalisasi,.mana mungkin ada yg formasi yg kosong.

    • Martin berkata:

      betul aturan kok gak jelas, harusnya Prioritas P1/L dulu menempati formasi, baru jika masih ada kekosongan baru diambil dari P2/L berperingkat terbaik

    • Anonim berkata:

      Perangkingan tsb hasil integrasi skd dan skb atau hanya skd aja min ?

    • Budi berkata:

      Ada 2 org mereka berteman ikut tes SKB, yg satu di SD “A” Nilainya 255 ranking 2, satunya di SD “B” masih 1 kecamatan nilainya 190 ranking 1 ( lolos). Ada ketidak adilan.

    • Anonim berkata:

      Iya mmg rentan ketidakadilan…kalau ambil perskolah..bnyk bedanya per rangking

    • Harry berkata:

      Iah min byk yg terjadi seperti itu, apakah nanti bakal ada lagi perengkingan hasil nilai akhir.? soalnya tidak per

  89. Indrawati berkata:

    Min mau tanya.di SD saya ada 2 lolos PG.trmasuk sy.tp nilai SKB sy lbh rendah.di SD B tdk ada yg lolos PG.ada kmungkinan tdk sy dialokasikan di SD B ato sd lain yg tdk ada PG nya.trmksh bnyk min

    • admin-7 berkata:

      Penempatan akan sesuai dengan lamaran semula, kecuali peserta yang mendapatkan kesempatan mengisi formasi yang kosong karena tidak ada peserta SKBnya.. oke

    • admin-7 berkata:

      sepanjang ada peserta SKBnya formasi akan diisi oleh peringkat tertinggi.. peserta yang belum terjaring (rengking 2 dan seterusnya) pada tahap ini akan dikumpulkan dan direngking, rengking terbaik akan mengisi formasi yang kosong berurutan mulai rengking tertinggi sepanjang ada formasi yang kosong.. oke

    • Ina berkata:

      Apakah peserta yg belum terjaring itu tetap harus di filter lg yg lulus PG skd min?

    • Anonim berkata:

      min, apakah ini hanya berlaku untuk P1/L?

  90. fatrian berkata:

    min mau tanya ni… yang di butuhkan cuman 1 orng yang ikut skb 1 orng tpi nilai skbnya rendah (155) apa masih ada harapan untuk lolos itu.. atau ada batasan nilai integrasi skb dan tkd…?

    • admin-7 berkata:

      pertanyaan sudah Admin jawab baca jawaban-jawab Admin untuk pertanyaan yang sama.. di bawah..

  91. Pagi min, saya mau tanya umpannya dlm satu sekolah yg melamar 2 orang yg lulus(P2/L) cuma 1 orang utk tes SKB. apakah yg utk ujian SKB yg 1 orang itu bisa langsung menang utk cpns,atau bisa peserta yg lain masuk ke sekolah yg lulus SKB 1 orang td? Bls

    • admin-7 berkata:

      pertanyaan sudah Admin jawab, baca jawaban-jawab Admin untuk pertanyaan yang sama.. di bawah..

  92. Ariadin berkata:

    Admin, kalau kuota di SMP Negeri misalkan terbagi itu IPS Sejarah, IPS Geografi n IPS Ekonomi. Misalkan yg tes 4 org sedangkan yg dibutuhkan 3 org, 1 jurusan IPS Sejarah, 1 IPS Geoegrafi n 2 IPS Ekonomi, apakah kedua jurusan IPS Ekonomi ini akan digugurkan salah satunya?.. atau tetap peringkingan dan misalkan ke2 org jurisan IPS Ekonomi ini menempati nilai tertinggi maka salah satu jirusan dari IPS Geografi tau IPS Sejarah ini di gugurkan berdasarkan peringkingan akhir???.

    • admin-7 berkata:

      kompetisi pada formasi masing-masing… guru ips sejarah sendiri, guru ips geografi sendiri dan guru ips ekonomi diperebutkan oleh 2 orang… rengking 1 hasil akhir yg akan mengisi formasinya.. di Kota Cirebon tidak ada Formasi Guru IPS… oke

    • Ariadin berkata:

      Iya admin, maaf memang sya dari liar daetah Cirebon tesnya. Hanya sya minta pnjelasan sja, terimakasih bnyak untuk infonya…

  93. Ariadin berkata:

    Assalamualaikum admin, untuk tes SKB punya standar tidak?. karena katanya standar SKB dari 250-300 baru bisa diperhitungkan atau dipersentasekan.
    Misal hasil SKB cuman 125 apa tetap dihitung berdasarkan rumusan diatas untuk memenuhi kuota.
    Mohon dijawab, Terimakasih….

  94. Met berkata:

    Halo min..
    Contoh kasus, tes SKD saya nilai tertinggi (P2/L) dan tes SKB nilai tertingi juga. Apa sdh pasti #2019JadiASN min…
    Atau ada cara perhitungan lain..???

    • admin-7 berkata:

      masih ada tahapan yang harus dilalui yaitu tahap pemberkasan.. cermati aturan tentang pemberkasan… berkas yang tidak lengkap atau tidak sesuai bisa mengugurkanmu… oke

    • Anonim berkata:

      Siaapp min.. Sudab bisa dikatakan 75% 2019 jadi ASN kan min…

    • Hana berkata:

      Min kl nama di transkrip nilai dan ijazah beda,apa harus disesuaikan atau bisa hanya surat keterangan dari universitas?Apa berpengaruh saat pemberkasan?

  95. Anonim berkata:

    Min maaf mau tanya nih.. kalau formasi disabilitas tdk ada pelamar apakah pada akhirnya setelah diintegrasi nilai skd dan skb lowongan tersebut bisa diisi oleh formasi umum? (Tidak ada formasi cumlaude, hanya formasi umum dan disabilitas pada lowongan tersebut)

    • admin-7 berkata:

      Sepanjang sama jabatan dan syarat pendidikan yg dilamarnya tentunya akan di isi oleh formasi Umum.. Diambil dari rengking terbaik dari seluruh peserta di formasi itu yg belum terjaring untuk mengisi formasi yang ada.. Di Kota Cirebon formasi Disabilitas hanya ada 1 untuk Jabatan Guru Kesenian di SMPN 5.. dan pesertanya juga ada 1.. tidak ada formasi umum maupun cumlaude untuk Guru Kesenian.. oke

  96. Candra anita berkata:

    Admin boleh tidak SERDIK AQIDAH ISLAM LINIER DENGAN PAI.
    mohon informasix

    • admin-7 berkata:

      Admin tidak begitu faham tetang linieritas Serdik, apa lagi Serdik yg dikeluarkan oleh Kemenag, tampaknya Serdik PAI itu Serdiknya untuk Guru PAI di SD, sedangkan Aqidah Islam itu Serdik untuk Guru MI silahkan cari tau lebih lanjut ke pihak yg mungkin kebih faham.. oke

  97. Anonim berkata:

    Mimin mau tanya…
    Saya guru PAI daftar di SDN 1 Kota waringin.
    Peserta SKB ada 6 ( karena 2 orng yg dibutuhkan/Unit kerja)
    Nilai SKD :
    A.SKD= 300 dan SKB=230
    B.SKD= 285 dan SKB=210
    C.SKD= 266 dan SKB=225

    Total nilai SKD 40% + Nilai SKB 60%
    A.24.00 + 27.60 = 51.60 ( Rangking 1)
    B.22.80 + 27.00 = 48.00 ( Rangking 3)
    C.21.28 + 27.00 = 48.28 ( Rangking 2)

    Pertanyaannya=
    Nilai Si-B dan Si-C selisihnya ( 0,28 )
    karena 1 formasi diambil 2 orng,maka
    Apakah si -A dan Si – C yg berhak mengisi formasi di SD itu?
    jika si -B TIDAK memiliki SP.
    Terimkasih,mohon dijawab

    • admin-7 berkata:

      2 formasi di 1 lokasi, peserta 6 di rengking .. Rengking 1 dan 2 maju ke tahap selanjutnya… Rengking 3 -6 gugur. Beda bila lokasinya tidak sama.. Bila lokasinya tidak sama maka rengking 1 dari 3 yang maju ke tahap selanjutnya… Seperti yg dicontohkan maka ganya A yg maju ke tahap selanjutnya.. oke.. Kota Waringin itu masuk mana? Kabupaten Cirebon?

  98. Anonim berkata:

    Min mohon dipertimbangkan seperti formasi kebidanan yang lulus PG 9 orang yang dibutuhkan hanya tujuh. Dalam PG ada yang nilainya lebih tinggi dari yang lain setelah SKB nilai paling renda. Tapi kalau mengikuti mekanisme 40%PG ada yang lain tidak mencapai. Yang mencapai 40% PG di korbankan saaat mengikuti SKB . Ini bagaimana

    Sementara diluar formasi yang tidak mencapai PG di untungkan saat SKB seharusnya juga dilahat dari SKB yang lain formasi agar yang sudah mencapai PG diluluskan kembali pada formasi SKB yang tidak mencapai 60% tes SKB supaya ada keadilan.

    Saya minta penjelasan admin?

    • admin-7 berkata:

      40% PG bagaimana? Admin tidak mengerti. Pelajari artikel di atas dgn baik itu tata cara perhitungan integrasi nilai SKD dan Nilai SKB. Bagi peserta yg lulus PG dalam seleksi CPNS tahun ini tetap sesuai dengan Permenpan-RB 37/2018, posisinya tidak diganggu gugat sebagaimana bila tidak ada permenpan 61/2018, begitulah sistem seleksinya, maaf ya, di Kta Cirebon kalau Admin tidak salah, tidak ada formasi kebidanan.. Jadi saran admin usah kau hiraukan keberuntungan peserta dari permenpan 61, bila digabungkan peserta P1/L dengan P2/L apa yg terjadi? persaingan akan semakin ketat masuk P2/L di formasi yg sdh ada P1/Lnya.. tetap saja ada kemungkunan P1/L kalah di ujian SKBnya.. fokuslah untuk berjuang di formasimu dan capai posisi terbaik.. Oke

  99. hendry saputra berkata:

    Mimin mau tanya…
    Saya guru PAI daftar di SDN 1 Kota waringin.
    Peserta SKB ada 6 ( karena 2 orng yg dibutuhkan/Unit kerja)
    Nilai SKD :
    A.300
    B.285
    C.266

    Nilai SKB:
    A.230
    B.210
    C.225

    Total nilai SKD 40% + Nilai SKB 60%
    A.24.00 + 27.60 = 51.60
    B.22.80 + 27.00 = 48.00
    C.21.28 + 27.00 = 48.28
    catatan =
    Nilai SKD/500*0,4 = ?
    Nilai sKB/500*0.6 =?

    Apakah sudah benar cara hitungannya.
    trimksh mohon dijawab

    • admin-7 berkata:

      Admin tidak pandai berhitung,.. Silahkan cocokan dengan simulasi yg ada pada artikel di atas.. oke

  100. eriza berkata:

    min boleh tolong bantu jawab pertanyaan saya? terimakasih
    min mau nanya, yang ikut tes SKB ada 17 orang. 2 PG dan 15 perankingan. ada 7 formasi. nah, yg lulus PG itu salah satunya nilai total SKD 40%+ SKB60% nya rendah dan masih bnyak peserta dari perankingam yg nilainy lebih tinggi dari dia. apakah dia tetap lolos? sehingga tetap sisa 5 formasi? krna 2 formasi udh d pegang kelompok PG. atau dia ga lolos dan satu kuotany diambil dari kelompok perankingan?

    • admin-7 berkata:

      2 PG bersaing masing mading di 2 formasi.. dgn kata lain peserta tunggal di formasi itu masing-masing.. 5 formasi lain di lokasi berbeda, diperebutkan oleh masing-masing 3 orang peserta rengking permenpan 61 untuk 1 formasi rengking 1 maduk tahapberikutnya. Bila ada di 1 lokasi maka persaingan 15 orang untuk 5 formasi… Rengking 1 – 5 yg maju ke tahap selanjutnya.. oke

    • Anonim berkata:

      Ini bagaimana maksudnya min???

  101. Anonim berkata:

    min… apakah hanya guru? bukankah dosen juga memilki sertifikat pendidik?

    • admin-7 berkata:

      Ya Serdik kan sertifikasi pendidik.. dosen itu pendidik bukan? Browsing, cari tau tentang Serdik bagi Dosen peraturannya tentu beda dengan peraturan untuk Guru.. oke..

    • Anonim berkata:

      Admin …jika saya masuk kategori P2/L trus memiliki sertifikat pendidik valid dan linear sesuai bidang yg diampu, apakah saya akan mendapatkan nilai penuh? Nilai penuh disini 100 atau 500? Terima kasih sebelumnya

  102. Felina berkata:

    Min mohon penjelasan
    Formasi di kota A hanya 1 yg P1/L
    Tapi hasil SKB nya kecil cuma 125
    Bagaimana itu min
    Apakah peserta tersebut dianggap gugur?

    • admin-7 berkata:

      Skala nilai SKB adalah 1 s.d. 100, point 125 setelah dihitung mendapat nilai 15 jadi tidak gugur.. tapi masa sih P1/L nilainya segitu.. P1/L adalah putra/putri yg bertanggung jawab, pasti berusaha nencapai nilai sebaik-baiknya secara maksimal… oke

    • Rini berkata:

      Min kalau peserta di daerah A lulus P2/L hanya 1 yang dibutuhkan 1.tp nilai TKB kecil 175.nanti lulus tidak min

  103. Stefani berkata:

    Min mau tau nya cara penghitungan penambahan 10point untuk putra putri daerah gimana ya

    • admin-7 berkata:

      Di formasi Kota Cirebon tidak ada penambahan nilai 10.. karena di Kota cirebon tidak ada formasi katagori daerah tertinggal.. oke untuk pengetahuan bolehlah Admin sampaikan nilai 10 ditambahkan pada perhitungan nilai SKBnya misal dapat point 350, maka nilai SKBnya 350/500 x 100= 75,000 x 60% = 45,000 + 10 = 55,000.. oke

    • Fira berkata:

      Ini kayaknya salah deh min…misalkan tadi 350..berrti 350/500*100 = 70 + 10 (ditambah 10 dulu min trus baru dikali 60% ) jadi hasil 80/60% = 48 bukan 55 min

    • OYE berkata:

      Nah ini yg betul kali min… ditambah dlu 10 baru dikalikan 60%… hhhee

  104. Anonim berkata:

    Klo ada serdik nilaix 100 lebih baik tidak 2 peserta lain jgn disurub ikt SKB klo nilai SKB mereka lbh tinggi tp ttp tdk lolos.itu menyakitkan org namax.peraturan blh peratran tp tlg lht dg hasil,perjuangan orang ikut skb trs dimentahkan dg statman bgt sangat2 miris.tdk ada guna dibuat tes SKB klo hasil akirx bgt

    • admin-7 berkata:

      Tidak mudah mendapatkan sertifikat pendidik.. Itu menjadi standar profesional pendidik yg diakui oleh pemerintah. Tentu pemerintah akan memilih guru yang sudah menenuhi standar. Dalam seleksi CPNS 2018 ini di formasi yg pesertanya ada pemilik serdik, kompetisi memang sangat berat, namun peserta lain yg tidak memiliki bukan tidak mungkin mendapatkan nilai SKB yg setara dengan serdik sehingga kompetisi ditentukan oleh nilai SKDnya.. ini semua sudah ketentuan pemerintah, calon Guru pejuang NIP harus berjiwa besar dapat menerima kenyataan pait bila gagal tahun ini mudah-mudahan ada kesempatan tahun berikutnya.. siapkan diri lebih baik, penuhi standar profesional guru melalui sertifikasi.. Allah memberkatimu.. oke

    • Wevy berkata:

      Tapi benar sih min. Sekedar usul. Apakah serdik linier dengan hasil tes? Artinya apakah yang punya serdik nilai tesnya memenuhi syarat. Kalau iya ya mungkin bisa jadi acuan. Karena ada yang puna serdik dan nilai skbnya sangat kecil. Apakah itu yang disebut profesional guru? Padahal soal soal skb ya soal tentang bidangnya. Bisa jadi bahan evaluasi min. Bukankah kalau terjadi hal demikian malah merugikan pemerintah ya… Maunya yang terjaring yang profesional, menguasai bidangnya.. Tapi malah sebaliknya. Kan aneh juga

    • admin-7 berkata:

      Ya.. Semua bisa diperdebatkan, banyak faktor yg nempengaruhi capaian nilai test atau ujian.. Pemerintah sudah menentukan standar capaian nilai CPNS, tidak berarti yg tidak mencapai standar itu tidak berkualitas, Pengukuran profesionalisme juga ada standarnya, tidak berarti pula yang tidak mempunyai serifikat itu tidak profesional.. oke

    • eriza berkata:

      min boleh tolong bantu jawab pertanyaan saya? terimakasih
      min mau nanya, yang ikut tes SKB ada 17 orang. 2 PG dan 15 perankingan. ada 7 formasi. nah, yg lulus PG itu salah satunya nilai total SKD 40%+ SKB60% nya rendah dan masih bnyak peserta dari perankingam yg nilainy lebih tinggi dari dia. apakah dia tetap lolos? sehingga tetap sisa 5 formasi? krna 2 formasi udh d pegang kelompok PG.

    • Anonim berkata:

      Mungkin seharusnya ada formasi khusus bagi yang serdik min,,,lebik bijaksana dan tidak menyakiti.

    • Bejo berkata:

      Hey, mimin tau g? Honorer sekolah negeri bukan tidak mau atau tidak mampu punya serdik, tapi tidak bisa karena aturan. Bikin NUPTK aja tidak bisa. Bodoh yg buat aturan ini. Yang bisa hanya yg mengajar di sekolah swasta. Kayak gitu kq mau menyelesaikan nasib honorer. Ngimpii!! Saya tak punya serdik SKB bisa 90 poin lebih dari saingan saya. Kalau harus dikalahkan oleh selembar kertas ya keterlaluan.

    • Harid berkata:

      Yang sdah pnya serdik skb nya malah kalah sama yng belom pnya

      Dipertanyakan penguasaan profesionalisme keilmuan d bidangnya atau yang ngasih serdiknya lagi erorr. Kenyataan d lapangan min.. Dari 10 orang yang sdah serdik paling 1-3 orang yng amanah. Dengan serdiknya..

    • Anonim berkata:

      Masalahnya adalah KESEMPATAN, bagi honorer di sekolah negeri bukan tidak kompeten, hanya terbentur aturan harus ada SK kepala daerah beda dengan honorer di Swasta cukup dengan SK kepala yayasan,,,,
      Untuk yg PLPG kan klo ggal bisa ngulang2 terus …

    • Anonim berkata:

      Apabila memang sertifikat pendidik itu berlaku juga untuk P2/L, Alahkah lebih bijaknya ketika suatu formasi tidak ada yg P1/L maka langsung saja diambil yang melamar di formasi tersebut yang memiliki sertifikat pendidik, karena bagaimana mungkin bersaing melawan nilai maksimal….

  105. Zul berkata:

    Sore admin, apakah benar putra daerah mendapatkan 10 point pada SKB

    • admin-7 berkata:

      Benar untuk formasi di daerah tertinggal atau sangat tertinggal dan beberapa ketentuan lain, di kota Cirebon tidak ada formasi yang termasuk daerah yang dimaksud aturan itu.. oke

    • rizka berkata:

      Misalkan saingan yg lulus adalah pendaftar dr pulau lain apa kah jg tidak berlaku meskipun tidak daerah tertinggal?

  106. MARLIN berkata:

    SEHARUSNYA PERENGKINGAN BERDASARKAN FORMASI JABATAN DARI JUMLAH ALOKASI KEBUTUHAN BUKAN BERDASARKAN TEMPAT KARENA ADA NILAI P1 309 TIDAK BERHAK IKUT SKB CM KARNA DILOKASI SEKOLAH SUDAH ADA YANG P1/L SEMENTARA DISEKOLAH LAIN YANG NILAI NYA CUMA 258 DIIKUTKAN SKB KARNA PERINGKAT PERTAMA DILOKASI SEKOLAH YANG DILAMAR. PADAHAL SAMA-SAMA PENDIDIKAN GURU BAHASA INDONESIA. UNTUK PENGISIAN FORMASI KOSONG RENTANG MANIPULASI. SKBPUN DIHAWATIRKAN KARNA SAYA JUJUR PESRTA TAPI TIDAK TAU SAINGAN SAYA SIAPA SAJA NAMANYA.. YANG TAU HANYA PEGAWAI BKN.

    • admin-7 berkata:

      SEHARUSNYA TIDAK ADA P1 dan P2 TAPI CUMA ADA LULUS PG atau TIDAK.. Pengumuman sudah sangat transparan, MARLIN anda bisa lihat di hasil dan Rekapitulasi SKD dari BKN yg sudah kami publikasikan, siapa saja yg Lolos P1 maupun Lolos P2 di situ semua lengkap dengan nilainya masing-masing.. oke

  107. jagad berkata:

    Admin…mw nanyaa,,ini yg lulus skd 2 orang dlam 1 puskesmas,terus si A yg lulus, tpi klo direngking keseluruhan by total formasi sekabupaten dia ada direngking ke8 sedangkan 7 orang yg dibutuhkan.. Tpi ini si A nilaix diatas nilai si B (yang sainganx dipuskesmas yg dipilih) nahh pertaxn sy rengkingx itu by puskesmas atau rengking keseluruhan peserta..mohon pencerahanx

    • admin-7 berkata:

      Pelajari Artikel diatas dengan seksama.. pengisian jabatan yang ‘kosong’ dilakukan setelah integrasi nilai SKD + SKB, bila 1 formasi ada peserta SKBnya, Rengking 1 yang menisi formasi, rengking 2 dan seterusnya dapat mengisi kekosongan formasi yang bersesuaian jabatan dan pendidikannya di lokasi lain oleh karena tidak ada peserta SKBnya atau memang tidak ada pelamarnya.. oke

  108. Ester berkata:

    Min,
    Daerah saya buka 10 formasi untuk guru Bahasa Inggris. 9 formasi umum dan 1 formasi cumlaude. Di formasi cumlaude tidak ada pelamar. Bagaimana mengisi kekosongan di formasi cumlaude karna saya dengar pelamar yang memiliki nilai SKD tertinggi di formasi umum bisa masuk di formasi khusua, tapi sampai sekarang kok yang ikut SKB hanya 27 orang?

    • admin-7 berkata:

      Pengisian formasi yg kosong dilakukan setelah integrasi nilai SKD+SKB. Di kasusmu, bila di 1 jabatan Guru Bahasa Inggris di 1 lokasi SMP, dari formasi umum yang berhak ikut SKB itu 30 peserta, ternyata yg terjaring ada 27 peserta, maka setelah integrasi formasi umum yg 10 orang diisi terlebih dahulu dari rengking 1 sampai 10, baru kemudian formasi cumlaude yg kosong diisi oleh rengking 11 jika tidak ada SMP lain yg juga ada formasi Guru Bahasa Inggrisnya, jika ada maka rengking 11 – 27 di SMP ini dikumpulkan dengan rengking yg tidak terjaring dari SMP lain, kemudian di rengking lagi dan rengking terbaik mengisi formasi cumlaude yg kosong..oke

    • Anonim berkata:

      Ini sudah deal kan min? Sesuai permenpan ya

    • Ina berkata:

      Apa rangking 11-27 yg di kumpulakn itu nanti yg terpilih adalah yg lolos PG min?

  109. Anonim berkata:

    Min kalau yg ikut skb 3 orang, memperebutkan 1 formasi, nnti yg ikut ke tahap pemberkasan yg hasil integrasinya paling tinggi atau ketiganya pemberkasan baru nnti dipilih mana yg lolos semua dokumen permberkasan?mohon pencerahannya

    • admin-7 berkata:

      Yg maju ke tahap pemberkasan adalah peserta nilai integrasi paling tinggi dari 3 peserta.. oke

  110. Eka Satrya Putra berkata:

    Min mau nanyak, contoh kasus ni.
    di suatu formasi dibutuhkan 3 org. Hasil SKD 2 orang P1L dan 3 orang P2L. Nah menurut informasi yang saya dapat bahwa peserta SKB bertarung dengan kelompoknya masing-masing yaitu kelompok P1L dan kelompok P2L. Setelah SKB kelompok P2L lebih tinggi dan secara nilai akhir jika dirankingkan : Peringkat 1: P2L, Peringkat 2: P2L, Peringkat 3: P2L, Peringkat 4: P1L, dan Peringkat 5: P1L.
    Yang ingin saya tanyakan apakah kelompok P1L itu sudah pasti lolos CPNS ya walaupun nilai SKB mereka lebih rendah dari kelompok P2L, karena bertarung dengan kelompoknya masing-masing, jadi P1L hanyalah formalitas ikut SKB, sedangkan P2L memperebutkan 1 kursi lagi.

    • admin-7 berkata:

      Liat dari kasus, perengkingannya tidak begitu… Namun P1/L masing-masing jd peserta tunggal di 2 formasinya.. dan masing2 maju ke tahap pemberkasan… begini yg terjadi bila tidak ada PermenPan-RB 61/2018, 1 formasi akan kosong dan akan diisi pada tahun berikutnya… dengan permenpan 61 itu maka perengkingan hasil akhir di 1 formasi yg pesertanya P2/L rengking 1 maju ke tahap selanjutnya dan mengisi formasi itu pada tahun ini.. oke

  111. Anto berkata:

    Min klw nilai skd ny 331 skb 245 dia cuma calon tunggal p1 ap kah itu lulus cpns min ?

  112. Gerhana berkata:

    Kasus khusus. Misalnya formasi yg dibutuhkan sdA jumlah formasi 1, sdB jumlah formasi 1, & smp jmlh formasi 1. Jumlah yang lulus skd smp cuma 1 peserta (peserta tunggal) yg ikut skb, sedangkan formasi sdA kosong, sdB ikut skb 3 peserta. Pertanyaannya, bgmn dng peserta tunggal tersebut???

    • admin-7 berkata:

      Kompetisi pada formasi masing-masing, peserta tunggal hanya ada di formasi kelompok 1 yaitu peserta yg lulus PG permenpan 37/2018 (P1/L), ia akan maju sendiri tanpa ada saingan di kota cirebon Guru SMP kebetulan hanya ada 1 formasi untuk penyandang disabilitas.. Formasi yang kosong akan diisi dari perengkingan integrasi nilai SKD dan SKB, formasi Guru SD (Guru Kelas) yang kosong tidak dapat diisi oleh Guru SMP (Guru Mata Pelajaran), dari kasusmu guru SD-A bila kosong nanti akan diisi oleh rengking 2 dari formasi SD-B setelah integrasi nilai SKD – SKB.. oke

    • eriza berkata:

      min boleh tolong bantu jawab pertanyaan saya? terimakasih
      min mau nanya, yang ikut tes SKB ada 17 orang. 2 PG dan 15 perankingan. ada 7 formasi. nah, yg lulus PG itu salah satunya nilai total SKD 40%+ SKB60% nya rendah dan masih bnyak peserta dari perankingam yg nilainy lebih tinggi dari dia. apakah dia tetap lolos? sehingga tetap sisa 5 formasi? krna 2 formasi udh d pegang kelompok PG.

    • admin-7 berkata:

      Kompetisi P1/L dengan P1/L (kelompok 1/Lolos PG Permenpan-RB 37/2018) di kasusmu di 1 jabatan pada 1 lokasi dan P2/L dengan P2/L (kelompok 2/ Lolos perengkingan Permenpan-RB 61/2018) masing-masing 3 orang untuk 1 jabatan di 5 lokasi penempatan.. oke

    • Dwi+ berkata:

      Min, untuk formasi DIsabilitas yang tidak ada pendaftarnya bisa diisi dari formasi umum P2/L yang peringkat 2 terbaik di formasi lain yang ikut SKB ya?

    • Rini berkata:

      Min, kalau formasi di lokasi x 1.dan yang lolos TKD cuma 1 P2/L namun hasil TKB rendah.itu nanti dirangking dari keseluruhan formasi yang dikabupaten tidak.kemudian yang tidak ada saingannya gugur.

    • admin-7 berkata:

      Di 1 jabatan di 1 lokasi yg pesertanya cuma ada 1 P2/L.. Ia hanya bertanding sendirian.. oke

  113. Anonim berkata:

    min mau tanya, pada pengumuman awal nilai maksimum bagi peserta yg mempunyai serdik hanya jika yg bersangkutan lulus PG. Kalo lulus dari P2/L berarti kan lulus perangkingan min bukan lulus PG. Tapi kenapa nilai SKBnya diberikan maksimal yaaa?

    • Suswati berkata:

      Itu kasusnya sama dengan saya, yg serdik nilai jauh lbih rendah dan dia juga P2L,,,payung hukumnya mana yoh?

    • admin-7 berkata:

      Yang Admin sampaikan pada artikel di atas adalah penjabaran dari petunjuk tentang Tata Cara Perhitungan Integrasi Nilai SKD dan SKB, yang merupakan bagian dari ketentuan yang berlaku sebagai payung hukum pelaksanaan Seleksi CPNS secara keseluruhan dan berlakunya secara Nasional. Tentunya segala sesuatunya disusun atas dasar kajian dan pertimbangan baik dan buruknya, tidak mungkin semua buruk dan tidak mungkin pula semuanya baik dan sempurna. Itulah yg dapat dilaksanakan sekarang, beranjak dari pelaksanaan tahun ini mudah-mudahan akan lebih baik pada masa-masa berikutnya.. oke

  114. Andika berkata:

    Min,mau nanya nih..apa bisa guru tingkat SMP nyebrang ke tingkat SD setelah penggabungan nilai skd dan skb untuk mengisi kekosongan?yang kosong di tingkat SD min..

    • admin-7 berkata:

      Tidak bisa, karrna Pendidikan Guru SD tidak sama dengan Pendidikan Guru Mata Pelajaran.. oke

    • Aiz berkata:

      Min mohon pencerahan untk formasi Teknis, jika Kekosongan trjadi di formasi analis Tata Ruang apakah formasi itu bz diisi oleh peserta analis jalan jembatan atau Analis infrastruktur (Kualifikasi pendidikan sama yakni S1 Teknik sipil).??

  115. Asrolu Waidi berkata:

    Bagaimana dg penambahan 10 poin untuk putra/i daerah bagi yg lulus SKD untuk perhitungan nilai SKB nya, Mohon bantuan untuk penjelasannya terkait aturan tsb. Terima kasih

    • admin-7 berkata:

      Tidak ada penambahan nilai 10 di formasi Kota Cirebon, karena tidak ada formasi yg berada di daerah terpencil, daerah tertinggal atau sangat tertinggal di Kota Cirebon..

  116. Anonim berkata:

    Mau tanya ne min..
    Formasi yg dibutuhkan Guru ahli pertama Bahasa inggris ada 7…yg lulus PG 5 org…ketika masuk ke tahap SKB dri 5 org tersebut 2 org peserta tdk py pesaing…semntara 3 org PG bersaing di satu lokasi yg sama dan sisanya 4 lokasi diambil dri perengkingan yaitu 12 org….pertanyaan sy min…apakah 3 org PG diatas yg bersaing di 1 lokasi yg sma yg pada akhirx 2 PG kalah bersaing bisa dipindahkan ke 4 lokasi sekolah yg direbutkan oleh 12 perengkingan tdi…..dan dri perengkingan akan di ambil 2 dri peringakt terbaik untuk mengisi 2 sekolah yg lain….krn menurut pemahaman sy…yg PG diproritaskan dulu…atau bgmna min??

    • admin-7 berkata:

      Selama ada formasi kosong karena tidak ada peserta SKBnya, pengisian formasinnya perioritas bagi peserta P1/L (Lolos PG) diambil dari rengking ke 2 pada formasi itu, untuk jabatan dan pendidikan yang sama.. Bila formasi yg sama di tempat lain ada P2/Lnya berarti formasi itu akan terisi oleh P2/L yg tertinggi rengkingnya, dan bila tidak ada formasi kosong.. P1/L rengking 2 itu gugur…

  117. Hendro berkata:

    Min, ada 2 yg ikut SKB utk merebutkan 1 formasi. Sama2 statusnya P2/L. Si A hasil SKDnya tinggi dan si B hasil SKBnya tinggi. Dari Permenpan 36 thn 2018 nilai bobot SKB serendah2nya 50%. Otomatis hasil SKB serendah2nya 250. Si A dan si B nilai SKBnya sama2 melewati 50%. Gimana cara perhitungannya?

  118. Anonim berkata:

    Min mw nanya.
    Saya tadi udh selesai mengikuti ujian skb.
    D t4 instansi yang saya lamar cm saya sendiri yang lolos skb.
    Apakah saya lolos jadi pns min meskipun nilai skd dan skb saya rendah dari pelamar instansi yang lain yang formasinya sama seperti saya.
    Bantu jawab y min… soalnya saya blm tenang dan masih galau.

    • sri yulistiani berkata:

      lolos skb itu gmn mas lhtnya y? nilai max 500 y mas skb? numpang nanya y mas..soalnya baru pertama ikut..

    • Anonim berkata:

      Saya jg g tw bagaimana cara menentukan kelulusannya.
      Makanya ne msh galau

    • Anonim berkata:

      Hasil SKB maksimal 500 dengan skala nilai 1 s.d. 100, pelajari artikel di atas.. Nilai (0) adalah nilai di bawah 1, sama dengan tidak hadir, dinyatakan tidak lulus..

    • admin-7 berkata:

      Pastikan bila kamu memang peserta tunggal di formasi jabatan dan lokasi penempatanmu.. Peserta tungal yg sudah mengikuti SKB mudah-mudahan tinggal menunggu pengumuman hasil akhir seleksi CPNS, pastikan namamu ada di situ dan selanjutnys tunggu panggilan untuk pemberkasan pada tahap selanjutnya.. Baca artikel di website kami ini jabgan sampai ada hal-hal yg bisa menggagalkanmu pada tahap pemberkasan.. oke

  119. Anonim berkata:

    Min mw nanya.
    Td saya udah selesai ujian skb.
    Di instansi tempat saya cm lolos skd saya sendiri.
    Apakah saya lolos jadi pns meskipun nilai skd dan skb saya rendah

  120. Dany berkata:

    min jika formasinya 41 dan yg lulus SKDnya (passing grade) juga 41 dan yg ikut ke skb juga 41 itu aja. itu dah dijamin lolos smuanya sebagai PNS ya?

    • Anonim berkata:

      Belum, ke 41 orang maju ketahap pemberkasan dulu, masih ada proses yg harus dilalui dan masih ada kemungkinan unuk gugur ditahap pemberkasan itu, baca artikel kami tentang hal-hal yg bisa menggagalkan peserta untuk terus ke tahap selanjutnya setelah pemberkasan yaitu tahap usulan NIP.. oke..

  121. Anonim berkata:

    Min mw nanya.
    Misalkn yang ngelamar d sekolah tersebut cuma ad 1 orang lulus skd.
    Ternyata setelah ikut ujian skb nilainya rendah.
    Apakah pelamar tersebut dinyatakan lulus. Meskipun d skolah lain ad nilainya yang lebih tinggi.

  122. Irfan berkata:

    seandainya peserta SKB hanya satu orang tunggal min apakah.karena hanya tuggal mencapai PG ..peserta Tunggal SKB tersebut apakah sudah pasti lolos min…?

  123. eriza berkata:

    min mau nanya, yang ikut tes SKB ada 17 orang. 2 PG dan 15 perankingan. ada 7 formasi. nah, yg lulus PG itu salah satunya nilai total SKD 40%+ SKB60% nya rendah dan masih bnyak peserta dari perankingam yg nilainy lebih tinggi dari dia. apakah dia tetap lolos? sehingga tetap sisa 5 formasi? krna 2 formasi udh d pegang kelompok PG.

  124. Anonim berkata:

    Min. Kalau misalkan, hanya 1 formasi yg di butuhkan, baru hanya 1 org yg lolos perangkingan… apakah masih bersaing dengan peserta SKB lokasi lain?

  125. Anonim berkata:

    Min mau tanya kalo kita di instansi, tinggal kita yang ikut SKB peserta lain nya udah tidak lolos SKD, apakah sudah pasti lolos jdi ASN? MOHON DI BLS Y MIN..

    • Anonim berkata:

      Ujian skb dulu…pemberkasan lancar…jadi asn deh…hehe smg membantu jawabannya 😊

    • admin-7 berkata:

      Peserta yang berhak maju ke proses selanjutnya dan lulus menjadi ASN adalah peserta yang lulus SKD dan Lulus SKB, sesuai dengan aturan yang berlaku. Peserta yang ikut SKB adalah putra/putri terbaik dan bertanggung jawab yang akan berusaha mencapai nilai tertinggi..

    • Anonim berkata:

      itung-itungan lulus SKB gimana min? kan tidak ada passing grade?

  126. Fauz berkata:

    Min. Mo nanya. Seumpama ad 4 formasi perawat ahli di daerah. 2 lulus pg(untuk memperebutkan 2 formasi). 6 d ambil dari rangking(untuk memperebutkan 2 formasi). Kan saingan di kelompok masing2. Ap berarti 2 yg lulus pg itu klo ikut skb sekalipun nilai skb 0 bisa lulus dan lanjut ke tahap pemberkasan? Dan jika pemberkasan lolos bsa jd cpns?

    • admin-7 berkata:

      Seumpama formasi di 1 lokasi, 2 yg PG, hanya 2 yg PG ikut SKB bukan 6, setelah tahap ujian SKB perserta yang berhak maju ke proses selanjutnya adalah peserta yang lulus SKD dan Lulus SKB. Peserta PG yang ikut SKB adalah putra/putri terbaik dan bertanggung jawab yang akan berusaha mencapai nilai tertinggi, masa siiih nilainya 0 (nol)… menurut Admin nilai nol sama dengan tidak hadir, tidak lulus SKB dinyatakan Gugur.. oke

    • Uray Gilang berkata:

      jgn 0 la.. misalnya dibawah 50 lah.. katakan 49.. apakah P1/L akan tidak lulus SKB? lalu formasi tersebut akhirnya di ambil P2/L yg SKB nya katakanlah 51?

    • Uray Gilang berkata:

      jgn 0 la.. misalnya dibawah 50 lah.. katakan 49.. apakah P1/L akan tidak lulus SKB? lalu formasi tersebut akhirnya di ambil P2/L yg nilai SKB nya katakanlah 51?
      soalnya dengar2 di daerah yg hanya menggunakan CAT SKB nya.. minimal harus raih nilai 50.. lah gimana dong?

    • admin-7 berkata:

      kalau ada batasan minimal 50 berarti ada passing grade, doong.. dari ketentuan yg ada, tidak ada pembatasan atau passing grade nilai SKB, yang adalah skala nilai 1-100.. Dengan nilai capaian maksimal 500.. Jadi bila P1/L SKBnya dapat 50 maka 50/500 x 100 = 10 nilainyo 60% dari 10 = 6, nilai 6 adalah di atas 1.. Kemudian diintegrasikan dg 40% nilai SKD.. hasilnya adalah Nikai Akhir yang ajan di rengking dengan sesama P1/L di formasinya.. Rengking P2/L dengan sesama P2/L di formasinya sendiri.. oke

  127. Lena berkata:

    Wah tambah susah jadi guru, jelas-jelas jurusan guru masih harus PPG dll, kenapa jurusan yg lain tidak ya? Ex : jurusan pertanian, kenapa tidak harus ad srtifikat ny jg?

    • Anonim berkata:

      Yg lain kan ujia skb jugaaa…sama perhitungnnya.hanya saja bagi guru ygsudah sertifikasi nilai skb 100%.gmn siiih?

    • Anonim berkata:

      Memang jd guru ga boleh sembarangan..kan yg dididik manusia2 yg kelak jd penerus bangsa.semangat utk semuaa guruu dosen dll 😊

  128. Herlina berkata:

    Min tanya dong.
    Adek saya tadi ikut tes SKB apoteker di Batam. Peserta 3 orang, formasi yg dibutuhkan hanya 1 orang. Hasil akhir SKD+SKB ada 2 orang yang sama nilainya. Jadi kriteria apa yg di gunakan untuk penentuan yg lulus min?

    • Fitrie berkata:

      Coba mas buka permenpan 36, sepertinya pernah dibahas. Kalau tdk salah, ipk, dan akreditasi kampus akan jadi pertimbangan…
      Maaf kalau salah min.. mohon dikoreksi 🙏
      Oia, adiknya mas di Batam ada wawancara ga setelah skb aporeker?

    • Herlina berkata:

      Kebetulan tes wawancara nga ada. Makasih infonya mas

    • admin-7 berkata:

      Ya.. Pelajari Permenpan-rb 36/2018, kalu nilai akhir sama pertama di rengking dari nilai SKD dulu berurut dari nilai TKP, kemudian TIU terus TWk, masih sama juga rengking IPK terkahir dari usia yang lebih tua yang lulus.. oke

    • Herlina berkata:

      Makasih min infonya, dah jelas semua di permenpan 36/2018. Alhamdulillah nilai SKD adik saya lebih tinggi. Semoga adik saya lulus jadi PNS Aamiin

  129. anonim berkata:

    Jadi kalau menurut permenpan-RB 61/2018 pasal 7e atau 7f di alihkan ke SD lainnya apabila ada kekosongan saja karena tidak ada peserta SKB ya min? misal seluruh sekolah sudah ada peserta SKB yaitu (p2/L) bearti sekolah tersebut tidak bisa di tempati oleh peserta yang ( p1/L ) dari SD lain yang jumlah loloh (p1/l nya ada dua)?

    • admin-7 berkata:

      Ya..

    • Anonim berkata:

      Jd kl dia satu2ny calon P2/L d SD tertentu,wlpun dgn nilai komulatif SKB kecil 190 misalkn otomatis dia melaju k CPNS ya min,jd SKB hny formalitas aj ya min?

    • Rini berkata:

      Sama dengan kasus saya.saya tidak ada saingannya di TKB.tp nilai saya kecil.apakah nanti digeser dengan rangking dari formasi lain di lokasi yang berbeda.

    • Anonim berkata:

      Di kota cirebon ada kok 1 sekolah yg tidak ada 1 pun masuk perengkingan. Formasi guru agama

  130. Anonim berkata:

    cara dpt sertifikat pendidik gmn min

    • admin-7 berkata:

      Calon guru harusnya lebih tau dari mimin, segala hal tentang sertifikasi guru, tentang profesionalisme pendidik tentang PLPG dan sebagainya… oke

    • Rahma berkata:

      Cara dapetin sertifikat pendidik dgn cara
      Ikut seleksi akademik (pre test PPG) Daftar melalui akun SIM PKB (Ketentuan dan syarat berlaku)
      Kalau lulus nilai minimum lanjut seleksi administrasi oleh LPMP.
      Selanjutnya mengikuti pelatihan di LPTK yg telah ditetapkan.
      Mengikuti kegiatan penilaian daring, praktik dan test akhir.
      Kalau lolos terbitlah sertifikat pendidik.

  131. Anonim berkata:

    Apakah semua sertifikat pendidik yang linier bobot nilainya 100?

    • admin-7 berkata:

      Ya selama serdiknya valid dikeluarkan oleh kemendikbud, kemendikti atau kemenag..

    • Anonim berkata:

      wah kalo gitu yang saingannya punya serdik harapannya kecil min, karena setelah saya hitung-hitung sangat sulit dengan niali SKD yang rata-rata nilainya tidak beda jauh.

    • Anonim berkata:

      untuk mengalahkan yang punya serdik harus punya SKD lebih tinggi dan SKB dapat 100 juga.. berat ya?

    • Anonim berkata:

      Yaa.. harus siap siap ambil Serdik buat tahun depan ya…

    • Anonim berkata:

      Masih ada kekuatan doa mas/mba.. jgn putus asa. Sy awalnya seperti itu waktu skd.. gtaunya muncullah sistem perengkingan.. dan akhirnya dinyatakan lolos..

    • Anonim berkata:

      mudah mudahan di formasi saya tidak ada yang punya serdik… Aamiin…

    • Anonim berkata:

      kalo boleh tau banyak yg punya serdik gak min?

  132. Anonim berkata:

    Ok, mari siap2 tempur SKB!
    Mudah2n diberi kemudahan oleh Allah SWT
    Amiin

  133. Anonim berkata:

    Berarti yg punya sertifikat ga usah ikut SKB ya min??
    Kan nilai SKBnya sudah maksimum??

    • admin-7 berkata:

      Tetap ikut SKB… Nilainya dihitung pd waktu integrasi, ketika valid dan linier menjadi 100,000 jika tidak nilai SKB hasil capaiannya yg dihitung dlm integrasi..

    • Bunga berkata:

      Tdk adil klo penilaian seperti itu,mendingan 2 peserta yg lain tdk usah ikut lg skb krn nilai skb untuk yg ox serdik kan 100
      MIRIS

  134. hermans berkata:

    sepertinya ada yg keliru min, tp maksudnya ngerti
    good luck yg lolos lanjut skb

  135. Anisasasa berkata:

    Btw itu perhitungannya beberapa kurang teliti min. But anw paham sih dengan penjelasannya 😀

    • admin-7 berkata:

      Oh iya.. Udah di koreksi.. Terima kasih.. 👍

    • Anonim berkata:

      Ada nilai skb 130. Tapi dia lewat skd p1/l, formasi dia hanya satu orang d mintak. Hanya dia.tu gimana..

Add your comment