Cirebon
+62231246402
bkdiklat@cirebonkota.go.id

Pelamar CPNS masih bisa dinyatakan gagal di tahap pemberkasan

Netral, Adil, Profesional, Akuntabel dan Sejahtera

Pelamar CPNS masih bisa dinyatakan gagal di tahap pemberkasan

BKPPD, Kota Cirebon – Ujian tahap kedua setelah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dalam Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri (CPNS) Pemerintah Daerah Kota Cirebon Tahun 2018 adalah Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) akan digelar di Telkom University Convention Hall (TUCH) Bandung tanggal 13-14 Desember 2018.

Peserta SKB yang dinyatakan lulus akan melakukan pemberkasan CPNS, namun masih menunggu ketentuan Badan Kepegawian Negara (BKN) bagaimana proses pemberkasannya.

Karena tahap pemberkasan juga memiliki pengaruh untuk kelulusan CPNS 2018. Pelamar CPNS  masih bisa dinyatakan gagal di tahap pemberkasan meski telah lolos Seleksi Kompetensi Bidang.

Perhatikan Ketentuan tentang pemberkasan:

  1. Hanya peserta yang memenuhi seluruh persyaratan administrasi yang dapat diusulkan proses penetapan Nomor Induk Kepegawaian (NIP) dan memperoleh Surat Keputusan tentang Pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil.
  2. Apabila dalam jangka waktu yang ditentukan peserta tidak melengkapi dokumen, maka peserta tersebut dinyatakan GUGUR.
  3. Apabila dalam pelaksanaan tahapan seleksi atau dikemudian hari setelah adanya pengumuman kelulusan hasil akhir, diketahui terdapat keterangan yang tidak sesuai / tidak benar, Panitia Seleksi dapat menggugurkan kelulusan yang bersangkutan.
  4. Peserta, keluarga dan pihak lain dilarang memberikan sesuatu dalam bentuk apapun yang dilarang dalam peraturan perundang-undangan terkait pelaksanaan seleksi CPNS, apabila terbukti melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud, maka akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku dan digugurkan kelulusannya.
  5. Seluruh dokumen persyaratan pelaksanaan seleksi menjadi milik panitia dan tidak dapat dikembalikan.
  6. Keputusan Panitia Seleksi bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

BKN memastikan tidak ada pelaksanaan SKB susulan seiring pelamar gagal di tahap pemberkasan. Di tahap pemberkasan ini BKN juga memastikan formasi CPNS 2018 tetap dikosongkan ketika pelamar dinyatakan gugur.

Peserta SKB adalah peserta yang memenuhi nilai ambang batas (passing grade) yang ditetapkan sebagai peserta SKB kelompok pertama (P1/L) dan peserta SKB kelompok kedua yang berasal dari peserta SKD yang memenuhi ketentuan berperingkat terbaik (P2/L).

Total peserta Ujian SKB untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil  Pemerintah Daerah Kota Cirebon itu sebanyak 649 peserta yang akan berkompetisi menduduki 267 kursi CPNS.

Peserta SKB dalam Seleksi CPNS Tahun 2018 Pemerintah Kota Cirebon itu berasal dari 641 peserta jalur Umum dan 5 peserta dari jalur Lulusan Terbaik (Cumlaude), 1 peserta dari jalur Penyandang Disabilitas dan 2 peserta dari jalur Honorer. Dari jumlah tersebut Tenaga Guru ada 381 peserta, Tenaga Kesehatan  sebanyak 166 peserta dan Tenaga Teknis Lainnya 102 peserta.

Tidak ada proses wawancara atau ujian praktik dalam tes tahap kedua ini. Hanya ujian tulis menggunakan Computer Assisted Test (CAT) format soal pilihan ganda yang disesuaikan dengan bidang masing-masing, untuk tenaga guru atau kesehatan tesnya juga seputar bidang keduanya. Begitu juga jika peserta adalah tenaga teknis juga akan mengikuti ujian sesuai bidang teknis masing-masing. Masing-masing peserta SKB berkompetisi pada kelompoknya masing-masing, Skala nilai SKB CPNS 2018 itu antara 1 sampai 100.

Dalam Formasi CPNS ada dua jenis jabatan yakni Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) dan Jabatan Pelaksana (JP), yang termasuk ke dalam jabatan fungsiona tertentu (JFT) diantaranya Guru, Dokter dan Apoteker.

Tiap-tiap jabatan tersebut memiliki Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Pemerpan-RB). Soal-soal SKB tidak akan jauh dari Permenpan RB itu. Contoh: Permenpan RB 6/2014 tentang Jabatan Fungsional Pranata Humas dan Angka Kreditnya. Sementara itu untuk jabatan pelaksana maka bisa mempelajari Permenpan-RB 25/2016 mengenai Nomenklatur Jabatan Pelaksana.

Apakah jabatan CPNS 2018 bagian dari JFT atau JP maka bisa melihatnya di link berikut.

DAFTAR JABATAN FUNGSIONAL TERTENTU 1 (Laman Kemenpan-RB)

DAFTAR JABATAN FUNGSIONAL TERTENTU 2 (Laman Wikipedia)

 (dasn-7)

Comments: 124

  1. Dimas Doni berkata:

    mlm min,,, mau tanya….
    untuk yg statusnya BTL apa bisa langsung dilengkapi??

  2. Karolinanovia berkata:

    Mau tanya min..,
    Waktu pendaftaran itu ipk saya tidak sesuai dengan dokumen yang asli apakah itu nanti di permasalahkan waktu pemberkasan???

  3. Hasbi berkata:

    Until mengetahui apakah nomenklatur jurusan itu satu nomenklatur atau tidak itu bagaimana pak/bu admin caranya? Adakah peraturan permenpan atau dari kemenristekdikti? Terima kasih

  4. Adenn berkata:

    Selamat malam min, kalau formasi yang ad teknik komputer tetapi saya ijazah teknologi informasi bagaimana? Mohon penjelasan. Terima kasih

  5. Vivi berkata:

    Min mau tanya kalau no.ijazah di str salah bagaimana ya min? Apakah berpengaruh?

  6. Adin berkata:

    Bismillah

    Admin. Saya mendaftar dosen paikologi dengan jenis pendidikan s2 pendidikan psikologi. Tetapi diijasah hanya tertulis s2 psikologi dan ditranskip s2 psikologi sekolah. Apakah ini tidak sesuai?

    Mohon jawabannya
    Jazakumullah khairan

  7. Firman berkata:

    Waktu melamar jurusan informatika dan sudah lulus tes cpns. Pada saat pemberkasan, ternyata jurusan yang tersedia teknik komputer dan sistem informasi.
    Mohon penjelasan,dlam pemberkasan. Trimakasih

    • admin-7 berkata:

      Tidak masalah karena nomenklatur jurusan informatika itu merupakan rumpun ilmunya sama dengan teknik komputer atau sistem komputer (ekuivalen)

  8. Eriyanto berkata:

    Ijin mau tanya min. .
    Dalam tahap pemberkasan kemaren. . . Di alamat pd skck ketinggalan ketik petugas untuk no rumah,apakah bermasal karna tidak lengkap dr alamat di KTP?
    Tks

  9. Maria berkata:

    Sore min. Mau tanya kalo tanda tangan di ktp berbeda dengan ttd pada surat lamaran yg diupload waktu seleksi administrasi. Dan saat pemberkasan kembali lagi ke ttd sesuai ktp apakah dipermasalahkan saat pemberkasan? Mohon pencerahaannya min.. terima kasih

  10. Riyanti berkata:

    min tanya,DRH kan ada 5lembar.Misalkn aq ngprintnya antra hal 3 sma 4 dn trnyata hasilnya beda karna aq ngprintnya di beda tempat.Jdi hasil ngprintnya itu tabel satunya gede dn satunya lebih kecil,jarak marginnya pun jg beda.Itu brpengaruh gk buat pmberkasan CPNS min?

    • admin-7 berkata:

      yang penting datanya benar… selama datanya benar mudah-mudahan tidak masalah… kalau mau rapi ya print ulang dengan format dan ukuran yang sama

  11. Santy Tandisau berkata:

    Min tempat lahir di akte sama dengan ijasah SD sampai SMA nama Desa tapi di ijazah S1 nama Kab sesuai KTP…apa harus di ubah sesuai dengan akte ya?

    • admin-7 berkata:

      Data nama yang akan digunakan untuk usulan NIP dan data Kepegawaian selanjutnya adalah data yang sesuai dengan Ijazah yang digunakan, sebaikanya sama dalam semua dokumen…

  12. Eka Diana sari berkata:

    Maaf min mau nanya….ijasah sd sampai SMA namanya sama tapi di ijasah S1, kk, dap akte kelahiran hanya beda di spasi kira kira bermasalah gk min🙏🙏🙏🙏 mohon pencerahannya terima kasih

    • admin-7 berkata:

      Data nama yang akan digunakan untuk usulan NIP dan data Kepegawaian selanjutnya adalah data yang sesuai dengan Ijazah yang digunakan, sebaikanya sama dalam semua dokumen…

    • Umma berkata:

      Sama nih k2..trus k2 gimana ??

  13. Anonim berkata:

    Assalamualaikum min yang budiman, amakah bermasalah ndak kalau saat pendaftaran saya menggunakan ktp yang statusnya masih bujang dan saat pemberkasan menggunakan ktp sementara yang statusnya udah kawin?? Mohon jawabannya min…

  14. Mukhlis berkata:

    Maaf min mau tanya, waktu pendendaftaran saya menggunakan e-ktp yang masih bujang dan berlakunya sampai 2017, apakah saat pemberkasan saya bisa menggunakan ktp sementara dan status udah menikah

  15. Anonim berkata:

    Maaf admin mau tanya, saat pendaftaran ada kolom akreditasi perguruan tinggi saya isi B sama dengan akreditasi program studi karena saya kira akreditasi perguruan tinggi dgn akreditasi prodi itu sama, ternyata sekarang setelah saya cek akreditasi PT nya masih dalam proses, apakah itu tidak akan menjadi masalah kedepannya utk pemberkasan? Terima kasih sebelumnya min mohon jawabannya..

    • Anonim berkata:

      Sama .ak juga gitu.gimana ya?? Bermasalah enggak ya di pemberkasan nanti😔😔😔

    • Anonim berkata:

      Sama kasus

    • Cipto berkata:

      Sama kasus,kalo saya ternyata kampus akreditasinya C..padahal saya isi B,karena saya pikir akreditasi kampus sama prodi itu sama..gimana itu min?tapi saya jalur umum,bukan cumlude..

  16. Anonim berkata:

    Maaf mau tanya min,,, pemberkasan kan dikasih waktu 15 hari,,jika kita mengumpulkan berkas tetapi ternyata ada yg kurang atau keliru apakah akan dihubungi untuk melengkapi pemberkasan tersebut selama masih dalam rentang wkt 15 hari??trm kasihh

  17. Herlin maya lina berkata:

    Min mau tanya,, apabila ijazah sma tdk dilegalisir gmn min,, karna kepala sekolahnya blum lama meninggal,,tidak bisa diwakilkan ,, terus kata Bagian TU nya suruh ke dinas pendidikan provinsi ..saya udh kesana,, tapi di disitu mereka malah dilema min,, karna masih bingung blum ada penggantinya.tdk mau legalisir..saya disuruh nunggu ada pngganti kepsek,,saya takutnya pas pemberkasan..blum juga ada kepseknya T_T

    • Cek berkata:

      Emang g boleh y klo sama wakil kepala sekolahnya??ada g ya wakil kepala sekolahnya???kalau sy kejadiannya c legalisir ijasah s1 g sama direkturnya tp sama wakil direkturnya dan bisa ko

  18. indri berkata:

    Assalamualaikum min mau tanya klo misalnya nama ibu saya di akte siti halmah tp di kk namanya siti halimah itu bagaimana yah min?

  19. Lebih baik gagal di tahap pemberkasan dari pada kelulusan dengan penuh kolusi

  20. admin-7 berkata:

    Tentang pemberkasan, mari kita sama-sama mempelajari PERATURAN BKN NOMOR 14 TAHUN 2018 TENTANG PETUNJUK TEKNIS PENGADAAN PEGAWAI NEGERI SIPIL yang baru Admin dapatkan informasinya. Silahkan download di website BKN di laman Regulasi pada katagori Peraturan BKN di halaman 2.. klik/tap urlnya ini http://www.bkn.go.id/regulasi

  21. Intan berkata:

    Min.. sy mau tnya di forlap dikti nama sy beda dgn nama yg tertera diijsah itu bagaimana yaa??

  22. Anonim berkata:

    Ada yang tau kapan Info pengumuman?

  23. Rydha berkata:

    Min, kalo no ijazah yg ada di forlap dikti tidak sesuai dgn yg tertera di ijazah gmn? Dari kampus masukinnya no seri sedangkan kmrn waktu input data di sscn saya pakai yg no ijazah. Apakah berpengaruh ke pemberkasan? Mohon jawabannya. Trmkasih.

  24. Anonim berkata:

    Min klau misal ny tgl ijazah tp yg d masukkan tgl lulus, apakah berpengaruh dg pemberkasan min?. Mohon pencerahan ny min

  25. Valdya hartati lestari berkata:

    min mau tanya kalo misalkan di KK nama orangtua(bapak) pakai nama lengkap (Beni johan edi), di akte juga lengkap (beni johan edi), tapi di semua ijazah, sd smp sma, dan d3 hanya (beni johan) saja. berpengaruh untuk pemberkasan gak sih min?

  26. Anonim berkata:

    Min saya ikut skb dan nilai tertinggi, apakah saya bisa dipastikan lolos cpns dan sudah bisa mempersiapkan berkas?

  27. Riyo berkata:

    Assalamualaikum min?
    Saya mau tanya, bahwa saya punya 2 KTP yakni EKTP (ujung NIK 04) dan KTP SIAK/BIASA(Ujung NIK 07) Pas daftar CPNS 2018 saya pakai NIK yg KTP SIAK. Dan sebelum pemberkasan saya ke dukcapil dan suruh pakai yg EKTP NIK 04. apakah akan bermasalah jika saya pakai EKTP NIK 04 SAAT PEMBERKASAN, padahal sebelumnya pas daftar SSCN pakai KTP SIAK/biasa dengan ujung NIK 07? Mohon penjelasannya. Terimakasih.

  28. Oyin berkata:

    Assalamualaikum min..saya mau tanya misalanya nama saya di ijazah SMA dan kuliah Robby Al-furqon, sedangkan di kk,KTP,akte’ijazah SD,smp Robby Al Furqon (beda di strip) bagusnya gmn min..apakah nti bermasalah PD saat pemberkasan

  29. Oyin berkata:

    Assalamualaikum min..saya mau tanya nama saya di ijazah SMA dan kuliah Robby Al-furqon, sedangkan di kk,KTP,akte’ijazah SD,smp Robby Al Furqon (beda di strip) bagusnya gmn min..apakah nti bermasalah PD saat pemberkasan

  30. Fathi Rahman berkata:

    Assalamualaikum min, mohon bantuan dan jawabannya, kemaren waktu penginputan data untuk registrasi di sscn ktp saya masih memakai tgl lahir 4 januari 92 dan sudah terinput, ternyata ijazah sd-s1 saya tgl lahir saya yg sesuai tgl 1 januari 92, jadi ktp saya sudah diperbaiki dan mengikut tgl lahir ijazah saya semua, itu nanti gimana min untuk pemberkasannya, apakah akan menggugurkan atau gimana solusinya min? Untuk NIK ktp saya tetap sama min sama yg kk, mohon jawabannya min🙏

  31. Anonim berkata:

    Min,maaf mau tanya.kalau pas registrasi pendaftaran awal kan data ktp tgl lahir nya ada beda 1 huruf dengan tgl lahir izajah. Pas nanti mau tahap pemberkasan apa ktp nya sebaiknya diperbaiki dulu ke dukcapil biar sama dengan izajah?

  32. Anonim berkata:

    Min,maaf mau tanya.kalau pas registrasi pendaftaran awal kan data ktp tgl lahir nya ada beda 1 huruf dengan tgl lahir izajah. Pas nanti mau tahap pemberkasan apa ktp nya sebaiknya diperbaiki dulu ke dukcapil biar sama dengan izajah??

  33. Vicxy Dilarosse berkata:

    Mohon info min, jika nama pada ijazah SMA dan PT beda 1 kata dengan nama pada akte, sedang nama pada ijazah SD dan SMP sama dengan nama pada akte itu bagaimana solusinya untuk pemberkasan nantinya

  34. Marlina berkata:

    SKHU waktu sekolah dilegalisir juga kah? atau cukup izajah dengan transkrip ujian sekolah saja?

  35. Rasdiana berkata:

    Min, adik saya Alhamdulillah masuk perengkingan jd dia bisa ikut SKB.. , Min, sy mau nanya nih, di Skolah yg adik sy daftarkn memiliki 2 kuota org sj… Smntara yg berhasil ikut SKB itu hanya ada dua peserta sj termasuk salah satunya adik sy… Apakah adik sy bisa dipastikan lulus PNS Min??? Mohon penjelasanx…

  36. Anonim berkata:

    Ijazah saya D4 tetapi ikut formasi D3, apakah menjadi masalah saat pemberkasan? Terima kasih infonya ya min..

  37. Afidi berkata:

    Ijazah saya D4 tetapi ikut formasi D3, apakah menjadi masalah saat pemberkasan? Terima kasih infonya ya min..

  38. Putu desy berkata:

    Min ijin maw bertanya,saat adminitrasi awal saya melampirkan str lama dan surat keterangan bahwa benar adanya str saya masih dalam proses perpanjangan, puji tuhan saya lulus administrasi awal, lulus skd, dan lanjut ke skb,
    Mohon petunjuk min apa str lama dan lampiran surat keterangan str saya masih dlam proses perpanjangan bisa berpotensi menggugurkan di pemberkasan akhir, mohon petunjuk min, terima kasih

  39. Dina berkata:

    Min ktp suami apa d ikut sertakan .. Ktp suami sy kbtulan hilang klo d urus lama d sini…. Swaktu daftar administrasi sy salah pencet tgl lahir izajah .. Dah sulit d ubah… Padahal tgl lahir kk ktp ijasah smua sama..masalah kah

  40. Anonim berkata:

    Min gimana kalau ijazah SD saya hilang😥 Tp legesannya masih ada. Tolong min gimana solusinya???

  41. Stepanus Fat Reski Pongmakamba berkata:

    Min, di Formasi yg saya pilih menggunakan Ijazah D-III, namun SKL SD, Ijazah SD, Ijazah SMP dan Ijazah SMA yang ditulis tangan, bulan lahir saya September ditulis Sebtember. Tetapi di SKHUN SMP dan SKHUN SMA yang di ketik bulan lahir saya ditulis September. Apa ini menjadi masalah saat pemberkasan nanti? Terimakasih Admin

  42. Sigit berkata:

    Min,,ijazah/STTB SMP sy hilang cuma ada fotocopianx..apa yg hrs sy lakukan,,?apa berpengaruh dipemberkasan…??
    Trima kasih

  43. Erwin sinambela berkata:

    Min, mau tanya min. Ijazah sd saya yang asli masih ada, tapi nem yg asli sudah hilang, tapi legesan nem nya masih ada min. Apakah nem asli di butuhkan saat pemberkasan? Atau cukup ijazah asli dan legalisir. Trimakasih min

  44. Fahda berkata:

    Gmana jika 1 formasi hanya diisi satu peserta apakh bisa dinyatakan lulus tes SKB?

  45. abdi negara berkata:

    min mau tanya dulu waktu dftr cpns msih pkai ktp status lajang( tapi skrng statusny mnikah dan domisili skrng brbh) terus nama di ktp ad yg slh dngn ijazah boleh tdk mengupdate data yang baru untuk mrnyesuaikan perbaikan data.atau harus pkai data saat pndftrn mhon pncrhnya min

  46. Alfarros berkata:

    Min..klo d KTP ada nama titel nya bermasalah ga…pa hrs diganti ke Capil dulu..sama ijazah leglsrn hrs yg terbaru apa boleh pakai yg lama….

  47. masykur berkata:

    assalamualaikum admin
    saya mau nanya
    jika sekolah dasar tempat saya sekolah dulu sudah tidak ada lagi dan sudah dileburkan ke SD lainnya
    kemana saya akan legalisir ijazahnya
    mohon bantuannya admin

    • Barry Saputra berkata:

      Setau saya bisa konsultasi ke dinas pendidikan setempat. Klo dari informasi yg saya dapat nanti legalisirnya dilakukan oleh dinas pendidikan nya

  48. Anonim berkata:

    Dear mimin, mohon maaf sya mau tanya kalo nilai yang rengking 1 tidak lolos pemberkasan cpns, bagaimana apakah dilempar ke peserta yang rengking 2?

  49. Dicky berkata:

    Min.. kartu ujian SKD di minta saat pemberkasan atau tdk? Soalnya kartu SKD saya hilang min..

  50. Lina haryanti berkata:

    Mohon pencerahannya,
    Ditahap pemberkasan cpns kan harus mengumpulkan akte dan ijazah,,jika nama orang tua di akte dan ijasah SD smpai SMA tdk sesuai apakah berpengaruh?
    Bedanya cuma di akte kelahiran nama ayah ada alias sedangkan di ijazah tidak

    • Ari berkata:

      Sama dengan kasus saya kak…
      Lagi galau jg nih

    • Valdya hartati lestari berkata:

      Sama juga dengan kasus saya kak, kalo saya nama bapak kalo diakte lengkap, tapi kalo diijazah dikasih singakatan dibelakangnya. Galau bgt nih. Semoga mimin segera merespon yaa, agar bisa diperbaikj dari jauh2 hari jika salah:)

    • Anonim berkata:

      Nyimak.. Karena kasusnya sama ..

  51. Ana berkata:

    Assalamualaikum admin yg berbahagia,
    Nama sy yg trcantum d akun sscn tidak sesuai ijazah dan ktp, terpaut ada koma atas saja, yg itu sesuai di kk krn dlu terjd kesalahan penulisan nama dn blm smpat d perbaiki. Kalau misalkan sy lanjut ke pemberkasan itu kira2 gimana, mohon pencerahannya. Makasih.

  52. Nur berkata:

    Assalamualaikum mohon informasinya…seandainya salah dalam mengisi akreditasi universitas , tapi akreditasi yg sebenarnya masih memenuhi kualifikasi bagai mana pada saat pemberkasan nanti? Apakah bermasalah

    (Untuk program studi pengisian sudah sesuai)
    Terimakasih

  53. Ardi berkata:

    Assalamualaikum bapa/ibu … Mohon informasinya, seandainya ijazah S1 ada tpi ijazah SD s/d SMA hilang bagai mana untuk penggantiannya? Mohon informasi dan solusinya

  54. Liden berkata:

    Lama pemberkasan biasanya berapa hari paling lama min?

  55. Anonim berkata:

    Min minta pencrhannnya,apabila STR asli hilang kena musibah tp ad ft copian,apa uda bisa buat pengganti pmbrksan? Krena klo mau gnti str hrus sklian ngurus perpnjgan gt pdhal msh sisa 1 thun.
    Ngurus prpnjgan itu bisa berbulan2,,gmn solusinya y min

  56. Anonim berkata:

    Min bagaimana kalau ijasah sd ..ijasah PT dan KTP tidak sama beda di spasinya…nurmahira dan nur mahira..bagaimana solusinya min?
    Trimakasih

  57. agus berkata:

    Mimin yang budiman,
    Kalau Akte Kelahiran dengan Ijazah beda apakah bermasalah untuk pemberkasan?
    di Akte : Muh.
    di Ijazah : Muhammad

    Mohon pencerahannya

    • admin-7 berkata:

      pengajuan berkas usulan NIP nanti yang digunakan nama yang tercantum pada Ijazah..

  58. Hisbull berkata:

    Ass… Hanya mau nanya, yg pertma : kira” bermasalah ngak klw di ijazah sd n smp itu di legalisir sama kepala sekolah baru, krna yg lama sdh almarhum,
    Yg kedua : bermasalh ngak wktu dftr di sscn tempat tnggl lahir sesuai ijazah itu tdk ada nama kampung saya yg muncul, hanya nama kabupatennya, krna dia secrah otomatis mnculkan nama tmpat tgl lahir

  59. Laili berkata:

    Min..apakah untuk ijazah SD- SMP harus di legalisir?

    • Anonim berkata:

      Malam. Saya adalah peserta satu-satunya yg lulus ke tahap SKB. Bagaimana dgn persaingan saya? Apakah sudah dianggap aman Krn tdk memiliki saingan lagi? Terus apakah benar jika skor yg harus di capai pada tahap SKB adalah 50 persen atau minimal 250. Terima

  60. Anonim berkata:

    Min…mhn info..di ijazah sd sampe dengan PT nama saya ditulis dengan lengkap Raden xxx xxx…namun di KTP disingkat menjadi R, xxx xxx…apakah itu bermasalah?

  61. Sri Utami berkata:

    Min….nama saya di ijazah SD sampai sarjana tdk sama dgn akte kelahiran hanya beda satu huruf di akte Aulya di ijasah dan berkas yg lain Aulia . bagaimana apakah masalah.trima kasih Mimin

  62. Nippers berkata:

    Admin..
    Saat pendaftaran, saya pakai akreditasi kampus dan prodi terbaru bukan saat saya lulus. Karena di persyaratan dr pemkab ny tertulis ‘unggahan legalisir surat keterangan akreditasi jika tidak tercantum pada ijazah/transkrip nilai. Selain itu ada artikel terkait revisi kemenpan RB no.36 tahun 2018 menyatakan bahwa tidak harus menggunakan akreditasi saat lulus. Sedangkan teman saya bilang , seharusnya menggunakan akreditasi saat kita lulus. Apakah itu berpengaruh saat pemberkasan nanti? Apakah bisa membuat saya gugur saat pemberkasan? Trmkasih..

  63. Atik berkata:

    Asalamualaikum min, mohon maaf jika pada saat pendaftaran saya masih pakai kk nya bapak saya, sedang saya sudah punya kk sendiri ( sdh menikah ) nanti di pemberkasan bermasalah tidak ya min, soalnya dulu berulang kali daftar pakai no kk saya tidah ditemukan terus, lalu saya coba daftar pakai kk bapak data saya langsung muncul semua. Mohon pencerahannya min

    • admin-7 berkata:

      Sepanjang NIKnya sesuai dan orangnya tidak berbeda tidak bermasalah, yang bermasalah itu ketika bukan orang yang pemilik NIK sesungguhnya yang maju minta diangkat jadi CPNS.. oke

    • Risma berkata:

      Kalo kasusnya NIKnya yg berbeda bagaimana min? Kasusnya sama seperti yg di atas bedanya saya nmr NIK bukan nmr KK. Mohon jawabannya min.. Terimakasih

  64. Anonim berkata:

    Min aku mau tanya biasanya yg fatal bisa menggugurkan pemberkasan apa ya miiin?

    • admin-7 berkata:

      baca poin-poin di artikel di atas itulah yang harus dicermati dan difahami.. oke

  65. Ella berkata:

    Dear admin bagaimana kalau nama yg tertera di ijazah SD berbeda dgn KTP, KK, ijazah lainnya, & yg terdaftar di SSCN?
    Bedanya 1 huruf saja dr I menjadi E.
    Mohon jawabannya.
    Terima kasih.

    • admin-7 berkata:

      Untuk pengajuan usulan penetapan NIP pada tahun-tahun sebelumnya mengikuti penulisan nama pada Ijazah.. oke

  66. Anonim berkata:

    untuk fotokopi yang dilegalisir biasanya harus kepala sekolah terbaru atau boleh yang lama?

    • admin-7 berkata:

      kita tunggu pengaturannya nanti.. sebagai acuan browsing ketentuan tahun lalu… juga cari tau tentang ketentuan legalisasi ijazah oleh kementerian yang berkenaan.. oke

  67. 2019jadiASN berkata:

    Admin mau tanya ijazah sy hilang, bagaimana pada saat proses pemberkasan nanti jika saya lulus SKB?
    😢😢😢
    Mohon informasi nya

    • admin-7 berkata:

      Biasanya harus ada Surat Keterangan Pengganti Ijazah yang diakui sama dengan Ijazah, dikeluarkan oleh perguruan tinggi yang mengeluarkan, mungkin PT swasta harus dikukuhkan juga oleh Kopertis wilayah PTnya, admin belum tahu persis tentang ini, tanya kampusmu bagaimana prosedur mengurusnya segera.. oke

    • Wes madang berkata:

      Mimin kalo yg hilang str gmn ? Klo bkin asli bisa berbulan2 krena hnya MTKI yg mengeluarkan,,klo ad ftocopian ap bisa ? Biar bisa jdi penggnti semntra gmn y min,,

    • rama dani berkata:

      mimin yg budiman,, mau nanya kalau dlu wktu sd saya adanya sttb apakah bisa dipakai untuk pberkasan?

    • novi berkata:

      mimin..maaf mau tanya,kalau sudah ada surat keterangan pengganti ijazah itu,nanti yg di lampirkan saat pemberkasan apakah harus copyan ijazah yg hilang? atau surat keterangan penganti ijazah itu yg d lampirkan? kemudian penulisan tahun ijaxah mengacu pada tahun mana? (karna kan ijazah asli pembuatannya beda tahun dgn surat pengganti ijazah) ,mohon pencerahannya min..saya kebingungan

    • admin-7 berkata:

      Tahun Ijazah ya sesuai dengan tahun di ijazahnya.. keterangan pengganti ijazah seharusnya mencantumkan nomor dan tahun ijzah tersebut… lengkapi dengan copy ijazahnya bila ada… bila tidak ada karena semua hilang atau musnah ya mau dilampiri dengan apa?

  68. Odette berkata:

    Min, maaf mau bertanya terkait KTP. Sy blm berganti status KTP (masih blm kawin pdhl sudah melangsungkan pernikahan). Tp wkt daftar & mengisi biodata sy isi statusnya sudah menikah. Utk kedepannya (seandainya sy lulus ke tahap pemberkasan) apakah sy ganti KTP dulu atau biar aja pakai KTP lama. Soalnya sy bingung kl mau ganti KTP dikhawatirkan prosesnya lama. Mohon di jawab min. Terimakasih sebelumnya.

    • Anonim berkata:

      Waktu kakak saya nikah sih beliau langsung ganti KTP skalian bkin kartu keluarga juga…jadu statusnua kawin

    • admin-7 berkata:

      yang akan di diklarifikasi nantinya adalah NIKnya… spanjang NIKnya bersesuai tidak ada masalah.. oke

    • Adi Hitam Putih berkata:

      Salam min ,
      Saya ingin bertanya kan yg diklarifikasi NIK nya. Nah Nama sy yg trcantum d akun sscn tidak sesuai ijazah , misal di akun sscn Adi Hitam Putih , sementara di Ijazah Addi Hittam Puttih. Sementara Akta kelahiran, KTP, Ijasah SD SMP SMA saya sesuai dengan Ijazah terkahir , yg berbeda hanya di KK. Apakah kalau saya mengkoreksi nama saya di KK disesuaikan ijazah terakhir akan mempengaruhi proses recruitmen cpns 2018 ? Atau sebaiknya saya tidak menggantinya ?
      Terimakasih min.

  69. Anonim berkata:

    Min untuk pemberkasan, biasanya diberikan waktu brapa lama? Mengingat persyaratannya lumayan banyak dan menyita waktu

    • admin-7 berkata:

      Kita tunggu saja pengaturannya nanti, tentu akan masuk pertimbangan untuk memberikan waktu yang cukup dalam pemenuhan persyaratan.. oke

  70. Anonim berkata:

    Ada adik tingkat di kampus yang baru lulus tahun ini, maju SKB sendirian dengan status P1/L (ga ada saingan di formasinya) .
    Setau saya angkatan yang baru lulus baru melaksanakan uji kompetensi untuk mendapatkan Surat Tanda Registrasi .
    Saya heran waktu pendaftaran awal kan kita diminta memasukkan no. STR, lalu dia memakai STR siapa dong waktu itu ??
    Apakah nanti di tahap pemberkasan akan disinkronkan ?

    • Anonim berkata:

      Itu tenaga medis formasi apa ya? Kok bisa ga ada str tapi maju ke tahap ke skb.. aneh ya

    • admin-7 berkata:

      Tim Verifikasi kami sudah bekerja dengan baik, sampaikan pengaduan secara bertanggung jawab pada jalur pengaduan yang ada.. sertakan bukti bila ada kecurangan akan diproses sesuai aturan..

  71. Anonim berkata:

    Min kalo waktu pengisian pendaftaran di sscn ada kesalahan dalam mengisi tempat lahir, nanti konfirmasinya kemana ya?

    • admin-7 berkata:

      Nanti pada waktu pemberkasan dan pengajuan NIP semua data akan disesuaikan dengan dokumen peserta yg sudah diverifikasi dan valid saat seleksi administrasi.. Nama dan tgl lahir akan menggunakan nama dan tgl lahir yg tercantum pada Ijazah.. oke..

    • Bibit berkata:

      Mohon info, bagaimana jika tempat lahir d ijazah dengan KTP berbeda?.
      Misal di ijazah tertera nama kecamatannya, sedangkan d KTP nama Kabupatennya …. Apa yg harus di lakukan ?.

    • admin-7 berkata:

      tidak masalah…

    • Bibit berkata:

      Alhamdulillah …… Terimakasih kak

    • Yanti berkata:

      Min mohon info….di puskesmas yg saya pilih tdk ada yg P1/L. Bidan terampil cuma ada 1 formasi . Berdasarkan rangking…P2/L yg ikut SKB ada 3org. Saya rangking 1skd dan rangking 1 skb di formasi pilihan saya.apakah sdh auto cpns ?

    • Wes madang berkata:

      Bisa dblg gitu ,nnti thap akhir pmbrksan mbak.asal lengkap selamat insya Allah pns

  72. Pejuang ASN Cirebon berkata:

    Dear admin, utk persiapan kira2 berkas apa saja yg hrs disiapkan dln pemberkasan. Mengingat pemberkasan diberi waktu tertentu. Brngkali ada berkas yg hilang atau gmn2 jd bisa dipersiapkan dr skrg meski blm tentu lulus. Mksh…

    • admin-7 berkata:

      Kita masih sama-sama menunggu tata cara pelaksanaannya dari BKN, silahkan browsing ketentuan tahun lalu sebagai acuan, pemberkasan tahun ini tidak akan jauh berbeda dgn tahun-tahun lalu.. oke

    • Ridwan berkata:

      Mlm admin: saya mau ijazah SD SMP SMK saya nama ayah berbeda dengan di kk…apakah akn berpengaruh saat pemberkasan nanti? Mohon pencerahan nya…trimakasih.

    • Ridwan berkata:

      Mlm admin: saya mau tanya ijazah SD SMP SMK saya nama ayah berbeda dengan di kk…apakah akn berpengaruh saat pemberkasan nanti? Mohon pencerahan nya…trimakasih.

  73. Anonim berkata:

    Makasih mimn…bisa jadi acuan buat kisi2 skb

Tinggalkan Balasan ke Vivi Batalkan balasan