Cirebon
+62231246402
bkdiklat@cirebonkota.go.id

Cara Mendaftar jadi CPNS Tahun 2018

Netral, Adil, Profesional, Amanah dan Sejahtera

Cara Mendaftar jadi CPNS Tahun 2018

Bersamaan dengan dibukanya pendaftaran CPNS Tahun Anggaran 2018, Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Cirebon menghimbau, para calon peserta benar-benar memastikan memenuhi segala syarat dan prosedur yang telah ditetapkan.

Terdapat beberapa kendala yang ditemui oleh calon pelamar, ketika mendaftar. Berikut beberapa kendala dan solusi yang dapat dirangkum sampi pada saat ini:

  1. Nomer Identitas Kependudukan (NIK) atau Kartu Keluarga (KK)

Ternyata NIK atau KK sering tidak ditemukan saat mendaftar di situs resmi https://sscn.bkn.go.id.

Mengantisipasi masalah ini, pelamar harus memastikan NIK dan KK yang akan digunakan pada saat pendaftaran  up to date dalam database Kependudukan dan Pencatatan Sipil di instansi Kependudukan dan Pencatatan Sipil daerah masing-masing.

  1. Salah memasukkan data

Pelamar tidak mencermati dengan teliti fitur-fitur yang terdapat portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) dan tata cara pengisian kolom di dalamnya, sehingga mengisi data yang tidak sesuai dengan apa yang diminta. Selain itu, pelamar melakukan pendaftaran, sebelum memastikan kembali kebenaran data yang diinput, padahal kesalahan input data tidak bisa diperbaiki.

Solusinya pelamar harus lebih berhati-hati dan lebih cermat lagi saat mengisi data.

  1. Salah mengunggah (upload) dokumen pendaftaran

Pelamar cenderung tidak mencermati syarat atau kualifikasi dan dokumen yang diminta.

Solusi untuk mengantisipasinya, pelamar diminta memahami betul kualifikasi, syarat dan ketentuan yang telah dipublikasikan oleh instansi.

 

Persiapan yang dibutuhkan.

Tahapan pertama yang harus dihadapi oleh pendaftar adalah seleksi administrasi. Jika seleksi administrasi dinyatakan lolos, baru pendaftar bisa melanjutkan ke tahapan seleksi selanjutnya.

Berikut tips agar lolos seleksi administrasi:

Ada ratusan ribu orang yang ingin daftar, sepanjang waktu dalam masa pendaftaran sekarang ini, pendaftar jadi menghadapi kesulitan karena server sscnn overload dan down. Saran untuk mensiasatinya adalah dengan mecoba melakukannya  di hari libur atau tengah malam pada waktu diasumsikan para pelamar beristirahat dan jumlah yang mengakses situs sscn berkurang, cari tempat yang koneksi internetnya bagus.

  1. Baca lembar persyaratan berulang-ulang dan teliti.
  2. Siapkan koneksi internet yang kencang
  3. Persiapkan bahan yang diminta yang sudah di-scan untuk daftar online. Perhatikan pula ukuran dokumen yang diperlukan.
  4. Sebelum daftar cari informasi sebanyaknya tentang pendaftaran online pada SSCN dan website resmi instansi pemerintah, tentang alur proses, cara daftar, cara login, verifikasi berkas, hingga cetak Kartu Ujian di SSCN, baca juga FAQ supaya kalau ada kendala tahu solusinya.
  5. Check and Recheck sebelum submit data online, sebelum kirim berkas.

Berikut Alur Pendaftaran CPNS 2018 melalui portal terintegrasi SSCN BKN

  1. Buat Akun SSCN

– Akses portal pendaftaran di https://sscn.bkn.go.id.

– Pilih menu Registrasi

– Isi alamat email aktif, password akun portal SSCN, dan CAPTCHA.

– Isi data Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga.

– Unggah pas foto dengan format jpg/jpeg ukuran minimal 120 kb, dan max 200 kb.

– Cetak kartu informasi akun SSCN 2018

2. Melakukan Pendaftaran Peserta Seleksi CPNS Nasional di Website SSCN

– Login ke portal menggunakan akun yang sudah dibuat.

– Unggah foto diri memegang KTP dan Kartu Registrasi Akun (selfie)

– Lengkapi biodata

– Pilih instansi, formasi, jabatan sesuai kualifikasi pendidikan

– Lengkapi data pada form yang tersedia

– Unggah dokumen sesuai persyaratan instansi, perhatikan ketentuan format file dan ukuran maksimal

– Unggah sebaiknya 1 kali saja, karena upload yang kedua akan menimpa file yang sudah diupload sebelummya. Kasus: Pertama mengunggah File Scan Ijazah yang kedua File STR maka dokumen Ijazah akan ditimpa oleh file STR sehingga saat diverifikasi tidak ada file Ijazah, dalam kasus ini buatlah File Ijazah dan STR dalam 1 File PDF dan unggah 1 kali saja.

– Cek kembali isian yang telah dilengkapi pada form Resume

– Cetak Kartu Pendaftaran SSCN 2018

3. Tahap Verifikasi

-Data elektronik yang sudah diinput pelamar akan diverifikasi online oleh tim verifikator instansi.

– Berkas atau dokumen yang diunggah/dikirimkan pelamar akan diperiksa kelengkapan syaratnya.

– Setelah Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi online, Pelamar dapat mencetak Kartu Peserta Ujian yang akan digunakan untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya yaitu Ujian menggunakan Computer Assisted Test (CAT)

4. Tahap Ujian CAT

Pada hari yang di tentukan untuk pelaksanaan Ujian CAT, peserta mendatangi tempat ujian sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Peserta harus membawa seluruh kelengkapan Dokumen Asli Lamaran, mulai dari KTP, Ijazah dan Transkrip Nilai, Kartu Pendaftaran dan Kartu Ujian. Dokumen Fisik Peserta akan diverifikasi dan dipastikan kehadirannya (Absen Online) oleh Panitia sebelum pelaksanaan Ujian. Setelah proses Verifikasi dan Absensi Peserta akan dipersilakan memasuki ruang tunggu dan ruang sosialisi untuk menunggu gilirannya mengikuti Ujian. Sampai gilirannya Peserta dipersilakan masuk Ruang Ujian untuk mengikuti Ujian CAT. Ujian CAT tahap pertama ini adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Direncanakan Pengumuman Hasil Ujian Tahap ini akan diumumkan pada Minggu Keempat Bulan Oktober 2018. Peserta yang dinyatakan Lulus Ujian Tahap Ini akan mengikuti Seleksi berikutnya yaitu seleksi Kopetensi Bidang (TKB) yang dirancanakan pada bulan November 2018. SKB adalah rangkaian Ujian terakhir yang dilalui oleh peserta. Peserta yang dinyatakan Lulus selanjutnya akan melalui proses pemberkasan dan pengajuan NIP (Nomor Induk Pegawai) untuk diangkat menjadi CPNS direncanakan secepatnya per tanggal 1 Desember 2018.

 

Kepada Pelamar dihimbau:

  1. Waspada Segala Modus Penipuan
  2. Pendaftaran secara online mulai tanggal 26 September 2018 s.d. 10 Oktober 2018 melalui Website SSCN BKN pada Alamat web https://sscn.bkn.go.id.
  3. Siapkan semua berkas scan dokumen Asli yang dibutuhkan.
  4. Teliti dan fahami semua persyaratan dan ketentuan.

Informasi resmi perihal pengumuman, pendaftaran, sampai proses seleksi hanya disampaikan melalui akun resmi institusi Pemerintah. Untuk Pemerintah Daerah Kota Cirebon di Website Badan Kepegawaian dan Pendidikan Daerah Kota Cirebon di alamat web https://bkdiklat.cirebonkota.go.id

BKPPD Kota Cirebon juga secara aktif memberikan layanan informasi melalui akun media sosial Facebook Page di alamat https://www.facebook.com/BkppdC/ dan Twitter di alamat https://twitter.com/BkppdC.

Comments: 45

  1. hermanpurwanto berkata:

    selamat pagi pak, sblmnya saya mau nanya nih ad swdra sya pgn bertanya dia ambil instansi guru apakah berkas .a d kirim lewat pos apa tidak, soalnya bingung dstunya… / maksh sebulum.a

  2. Anonim berkata:

    pak mau nanya buat lulusan sma/smk d pemkot/pemkab instansi pilihan nya ad apa aja ?

  3. roni berkata:

    pak maaf mau nanya, saya daftar udh resume dan sudah di print, setelah saya baca satu persatu ternyata banyak yang kurang saya upload, contoh nya KK dll. itu bagaimana????
    mohon solusinya…

  4. peni berkata:

    slmt siang pak saya mw nanya, jika di persyaratan harus ada Kartu Keluarga yang di upload, tp di bagian unggah dokumen di SSCN tidak ada, bagai mana pak? msh bingung buat ngirimnya.

  5. hermanpurwanto berkata:

    slmt pagi pak saya mw nanya pak, jika berkas badan kepegawaian kependidiakn dan kepelatihan daerah udh d unggah tmpt alamat untuk mengirim ke kantor pos.a alamat.a apa ya pak? msh bingung buat menggirim.a

    • Helpdesk_CPNS berkata:

      Berkas fisik lamaran tidak perlu dikirim, simpan semua berkas dengan baik untuk dibawa pada hari ujian bagi peserta yang lulus seleksi adm

    • hermanpurwanto berkata:

      sebulum.a terima kash pak informasi.a kirn d kirim lewat pos soal.a ad info d gunting tmpel d amplop

  6. Cahyo berkata:

    Pada surat lamaran tertera harus melampirkan scan Kartu Keluarga (KK) asli. tapi ketik unggah dokumen kok tidak tersedia menu untuk unggah dokumen KK tersebut ya? Apakah dokumen KK tetap dituliskan pada surat lamaran atau bagaimana? mohon solusinya, terima kasih banyak.

  7. Anonim berkata:

    Scan foto itu foto di scan atau soft file fotonya ya ?

  8. Intan berkata:

    kok formasi umum untuk S1 Manajemen informatika di instasi badan kepegawaian hilang yah, tinggal formasi lulusan terbaik ? mohon info

    • Helpdesk_CPNS berkata:

      mohon dicoba beberapa waktu lagi kemungkinan karena loading sistem cukup berat

    • Anonim berkata:

      pak sya mw bertanya , saya kn mendftr cpns memilih instasi badan kepegawaian pendidikan dan pelatihan kota cirebon pas sya mw unggah dokumen di slh satu persyrtan yg mw d unggah tertulis transkrip nilai s1 asli (khusus untuk profesi dokter, dokter gigi,perwat apoteker) sedangkan sya lulusn s1 komputer koq malah menyambung.a d kedokteran dan kesehatan,tp pas sya isi formasi berkas smua.a bsa buat lulusan komputer ,yg saya mw tanyakan apakah saya menggungah transkrip yg s1 kmputer sya? apa gmn pak? tkt gak lulus berkas?

    • Helpdesk_CPNS berkata:

      Untuk formasi jabatan lainnya tetap upload transkrip nilai S-1 nya. Perhatikan tanda kurung Transkrip Nilai S-1 (khusus dokter (dr), perawat (ners)… dst ) maksud yang dalam kurung adalah khusus bagi pelamar dokter dan jabatan profesi lainnya itu, transkrip nilai yang di unggah adalah trankrip nilai profesinya (dr)

    • hermanterry26 berkata:

      mksh bnyk pak info.a , oea pak klo mw ganti instansi lain bisa apa gak ya pak … ? mksh sblm.a

    • D'ASN-007 berkata:

      Ceck dan periksa lagi Pengumuman Formasi, Jabatan Pranata Komputer Ahli Pertama dengan syarat pendidikan S1-Manajemen Informatika untuk Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Cirebon ada 2 yang satu untuk Formasi Umum dan satu untuk Formasi Lulusan Terbaik.. oke

  9. Lusi berkata:

    Assalamualaikum admin, saya mau bertanya pengumuman hasil verifikasi online diperoleh dari mana? Apakah dari laman ini atau dikirim via email? Terimakasih sebelumnya.

  10. hermanpurwanto berkata:

    selamat pagi pak sya mw bertanya , saya kn mendftr cpns memilih instasi badan kepegawaian pendidikan dan pelatihan kota cirebon pas sya mw unggah dokumen di slh satu persyrtan yg mw d unggah tertulis transkrip nilai s1 asli (khusus untuk profesi dokter, dokter gigi,perwat apoteker) sedangkan sya lulusn s1 komputer koq malah menyambung.a d kedokteran dan kesehatan,tp pas sya isi formasi berkas smua.a bsa buat lulusan komputer ,yg saya mw tanyakan apakah saya menggungah transkrip yg s1 kmputer sya? apa gmn pak? tkt gak lulus berkas?

  11. Sri berkata:

    Assalamualaikum,mohon maaf saya mau bertanya apakah kartu keluarga dan sertifikat akreditasi BAN PT untuk formasi umum harus di uplod? terima kasih sebelumnya

    • Helpdesk_CPNS berkata:

      Kartu keluarga bisa disatukan dalam 1 file dengan surat lamaran.
      Sertifikat akreditasi disertakan apabila ijazah tidak menyebutkan status akreditasi

  12. Anonim berkata:

    Assalamualaikum maaf min mau tanya kalo untuk pengisian akreditasi universitas dalam format formasi itu akreditasi pada saat lulus atau yang terbaru? Terimakasih sebelumnya

  13. Nita mardiana berkata:

    Assalamualaikum saya mau bertanya kalau untuk jurusan kesehatan itu untuk yg STR nya belum memiliki, karena ujikom nya belum dilaksanakan untuk lulusan tahun ini, gimana solusinya ya ? Karena saat pendfataran harus menyertakan file STR sedangkan untuk lulusan tahun ini belum mengikuti UJIKOM jadi belum dapat STR. mohon solusi nya

  14. arbiyanshah berkata:

    assalamualaikum, maaf mau bertanya untuk status verifikasi yang ada di web sscn saya masih kosong, apakah saya harus datang ke kantor BKD kota cirebon untuk melakukan verifikasi manual dan membawa dokumen pendukungnya agar bisa di verifikasi? terimakasih

    • D'ASN-007 berkata:

      Wa’alaikumsalam, baca dan perhatikan tata cara serta alur pendaftaran dengan cermat, berkas fisik lamaran tidak perlu dikirim, simpan semua berkas dengan baik untuk dibawa pada hari ujian, berkas fisik syarat pelamaran akan di-verifikasi sebelum pelaksanaan ujian (test) bila dinyatakan lulus verifikasi online, catat jadwal pelaksanaanya secara keseluruhan.. oke

    • arbiyanshah berkata:

      ok admin terimakasih atas jawabanya, sukses selalu unutk tim panitianya semoga selalu di beri kelancaran..

    • Anonim berkata:

      selamat pagi pak sya mw bertanya , saya kn mendftr cpns memilih instasi badan kepegawaian pendidikan dan pelatihan kota cirebon pas sya mw unggah dokumen di slh satu persyrtan yg mw d unggah tertulis transkrip nilai s1 asli (khusus untuk profesi dokter, dokter gigi,perwat apoteker) sedangkan sya lulusn s1 komputer koq malah menyambung.a d kedokteran dan kesehatan,tp pas sya isi formasi berkas smua.a bsa buat lulusan komputer ,yg saya mw tanyakan apakah saya menggungah transkrip yg s1 kmputer sya? apa gmn pak? tkt gak lulus berkas?

  15. mahfud berkata:

    Assalamulaikum. Saya mau tanya.. untuk formasi umum apakah harus mengupload sertifikat akreditasi pt.. ? dan Kl diupload sertifikat akreditasi terbaru atau waktu waktu kita lulus ? kebetulan istri saya lulusan UT thn 2010 dan sampai saat ini belum menemukan akreditasi yang thn 2010. (adanya 2011 dan 2016). terima kasih

  16. Muhtadi Rizal Sutopo berkata:

    berkas sudah saya upload semua, sudah cetak hasil dari resume, bukti fisik dikirim lewat pos, atau bagaimana, kalau dikirim alamatnya dimana. terima kasih

    • Helpdesk_CPNS berkata:

      Berkas fisik lamaran tidak perlu dikirim, simpan semua berkas dengan baik untuk dibawa pada hari ujian, berkas fisik syarat pelamaran akan di-verifikasi sebelum pelaksanaan ujian (test) bila dinyatakan lulus verifikasi online, catat jadwal pelaksanaanya secara keseluruhan

  17. Nisa Fitry berkata:

    Assalamu’alaikum, saya Nisa dan saya berniat mendaftar CPNS di wilayah kota Cirebon. Saya mau bertanya, adakah contoh format lamaran kerja yang bisa saya download? Terima kasih sebelumnya. Wassalamu’alaikum

  18. Badruz berkata:

    Assalamualaikum, apakah kartu perndaftaran bisa dicetak ulang?karena susah di download.mksh

    • D'ASN-007 berkata:

      Kartu Pendaftaran wajib dibawa pada saat verifikasi dokumen lamaran pada hari ujian dan menjadi bukti sebagai peserta ujian, absensi online peserta ujian nanti juga akan menggunakan Kartu Pendaftaran, silahkan login lagi dan cetak kartu pendaftaran..

    • hermanpurwanto berkata:

      bisa mas yg pntng udh bsa msk akun login tinggl d bka aja lg nnt d download sinyal hrs bagus

  19. Anonim berkata:

    Assalamualaikum..
    Punten, Pak/Ibu di formasi Dinas Tenaga Kerja tertulis kualifikasinya S1 Matematika / MIPA, yang mau saya tanyakan disini berarti MIPA berifat umum untuk jurusan Biologi, Fisika, dan Kimia ya ?
    Terimakasih

Add your comment